Kunker Gubernur Lampung di Lampura Resmikan SMK 31 Pusat Keunggulan tahun 2022

3 min read

HARIANSIBER.COM|Lampung Utara – Gubernur Lampung H. Ir. Arinal Djunaidi beserta jajaran melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) sekaligus meresmikan SMK 3 Kotabumi yang masuk dalam program 31 SMK Pusat Keunggulan se-Provinsi Lampung, Kamis (20/1/2022).

Setibanya rombongan Gubernur Lampung di SMK 3 Kotabumi langsung disambut oleh Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo, S.E., M.M., beserta jajaran dengan mengalungkan selendang Tapis diiringi tabuhan drumband dan alat musik tradisional.

Dalam sambutannya, Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi menjelaskan, bahwa pertimbangan didirikannya SMK Pusat Keunggulan karena kemajuan ilmu pengetahuan yang begitu pesat. Dalam 1 dekade terakhir, khususnya perkembangan teknologi digital telah berimplikasi pada perubahan dratis pada gaya hidup dan cara kerja, ini merupakan Revolusi Industri 4.0.

Begitu hebatnya Revolusi Industri 4.0 mendisrupsi dunia. Berbagai disrupsi ini menciptakan budaya, kebiasaan dan bahasa baru serta cara kerja dan gaya hidup yang lebih efisien.

“Hal tersebut merupakan gambaran tentang tantangan kita ke depan dalam menyongsong era smart society 5.0, bagaimana menciptakan SDM Indonesia yang Technology Minded, SDM Indonesia yang mampu mentranslate dan menjawab tantangan dengan teknologi yang memudahkan”, ujar Arinal.

Pemerintah juga memberi bantuan fasilitasi kepada SMK-PK tersebut, 29 SMK Negeri dan Swasta, dan 2 SMK Industri. SMK-PK di Kabupaten Lampung Utara yang mendapatkan bantuan adalah SMKN 3 Kotabumi dan SMKN 1 Abung Selatan.

Gubernur berharap lulusan SMK dapat mendukung pengembangan hilirisasi pengolahan hasil pertanian, pengembangan pariwisata, pengembangan UMKM, pengembangan kegiatan jasa dan perdagangan.

Gubernur juga menyampaikan berbagai program unggulan untuk meningkatkan sektor Pendidikan di Provinsi Lampung, antara lain adalah diluncurkannya Program Smart School pada tanggal 16 Desember 2019, yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan yang berbasis teknologi. Hal ini untuk menjawab tantangan perubahan paradigma pendidikan di era digital.

Pada kesempatan yang sama, Bupati mengucapkan terima kasih dan selamat datang di Kabupaten Lampung Utara kepada Gubernur Lampung beserta jajaran. Tentunya Hal ini dapat menambah motivasi bagi jajaran Pemkab Lampung Utara dalam menjalankan tugas pemerintahan dan pembangunan.

Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari wilayah Provinsi Lampung, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara sangat mendukung program dan kebijakan dari Pemerintah Provinsi, termasuk program pembangunan di bidang Pendidikan, yaitu Smart School.

“Kita semua tentu menyadari bahwa membangun SDM bagi para pelajar adalah sama dengan membangun masa depan daerah, dan juga masa depan bangsa dan negara. Dari sisi kuantitas, jumlah pelajar atau kaum muda saat ini sangat besar, sehingga kedepannya nanti negara kita diprediksi akan mengalami bonus demografi. Dan dari para pelajar inilah yang menjadi penyumbang jumlah besar penduduk produktif tersebut,” kata Bupati.

Berbicara soal pembangunan di bidang Pendidikan, sambung Bupati, tentu memiliki cakupan yang sangat luas, sehingga Pemerintah pusat membagi kewenangan pengelolaannya menjadi dua kewenangan. Untuk SMK dan SMA menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi, semantara SD dan SMP menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota.

“Di Kabupaten Lampung Utara, pengelolaan SD dan SMP dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, yang tidak saja mengurusi masalah Pendidikan saja, tetapi juga menangani masalah kebudayaan. Dan Alhamdulillah atas dukungan dan pembinaan dari Pemerintah Provinsi Lampung, pembangunan dan pengembangan di bidang kebudayaan juga menunjukkan prestasi yang membanggakan,” ujar Bupati.

Selain itu, Kabupaten Lampung Utara konsisten dalam memperkenalkan seni dan budaya daerah ke luar Provinsi Lampung, salah satunya berpartisipasi dalam Festival Payung Indonesia di Yogyakarta, yang merupakan festival kebudayaan tingkat Internasional. Tak hanya itu, Kabupaten Lampung Utara selalu berpartisipasi dalam F

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.