Lagi, Bupati Lantik 10 Kades Terpilih Asal Kec Konda, Ranomeeto dan Ranbar

2 min read

HARIANSIBER.COM|KONSEL,-Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga kembali melantik 10 (Sepuluh) Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pilkades Serentak yang diselenggarakan 28 Desember 2019 lalu.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan para Kades tersebut dilaksanakan di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kelurahan Ranomeeto, yang juga dihadiri Wakil Bupati, H. Arsalim Arifin, Sekkab, H. Sjarif Sajang, Camat Ranomeeto, Ambolaa, Camat Konda, Asdiana dan Camat Ranomeeto Barat, Sahrir Anjaya, Rabu (22/01/2020).

Kesepuluh Kades yang dikukuhkan merupakan gabungan, diantaranya 1 (satu) Kades dari Kec Konda, 3 (tiga) Ranomeeto dan 6 Kades asal Ranbar.

Adapun nama – namanya sebagai berikut

Kec Konda

1. Rustam (Desa Cialam Jaya)

Kec Ranomeeto

1. Sembo (Langgea)
2. Muhsini (Laikaaha)
3. Burhan Muin (Kota Bangun)

Kec Ranbar

1. Subhan (Tunduno)
2. Edy (Abeko)
3. Muslan (Opaasi)
4. Ahmad Supena (Sindang Kasih)
5. Irwan (Laikandonga)
6. I Made Budiarta (Jati Bali).

Bupati dikesempatan tersebut menyampaikan selamat atas pelantikan hari ini, yang mana sesuai amanat UU Desa, Kades bisa dikategorikan sebagai Pejabat spesial di Republik ini karena masa kerja yang lama dan bisa mencalonkan selama tiga periode, tentu ini memberi signal bagaimana menjadi aparatur terdepan dan dapat bekerja lebih baik.

“Kades saat ini merupakan jabatan istimewa, karena lama menjabat 6 Tahun dan bisa 3 kali mencalonkan, di banding Presiden dan Bupati hanya 5 Tahun dan maksimal 2 Periode saja, untuk itu saya minta Kades benar-benar bekerja demi peningkatan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Dengan meninggalkan sistem pemerintahan yang lama, yang mana saat itu, ketika ada keperluan Kades bersangkutan yang didatangi warganya, yang seharusnya Kades harus terdepan dalam membangun komunikasi, dengan banyak turun kelapangan bertemu masyarakat menyerap aspirasi dan merealisasikannya secara bertahap.

Dikatakan Bupati, bahwa sodara sudah menjadi pemimpin dan milik seluruh masyarakat yang dapat merangkul dan mengayomi warganya tanpa terkecuali, termasuk tidak merombak struktur perangkatnya yang telah terbentuk sebelumnya, agar terwujud pelaksanaan pemerintahan yang elegan.

“Jangan usai dilantik, Kades langsung memecat para perangkat Desanya, tetapi bagaimana merangkul mereka dan mengedepankan pemerintahan yang harmonis, serta pengelolaan anggaran DD yang transparan, ekfektif dan efisien dengan tujuan mensejahterahkan masyarakat, penurunan angka kemiskinan dan menghilangkan rumah kumuh,” imbuhnya.

Menutup sambutannya, ia menitip pesan kepada Kades agar mengembangkan SDM Pengurus PKK dengan mendorong profesionalitas kerja mereka. Dan menghimbau masyarakat agar bersama-sama mendukung program pembangunan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintahan Desa, agar Desa Maju Konsel Hebat mudah direalisasikan.

Laporan : Edi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *