Lamris Lumbanraja Bangga Menjadi Kader JKN

Lamris Lumbanraja Bangga Menjadi Kader JKN

Bintan – Pagi hari menyapa, aktivitas pagi dilakukan. Lamris Lumbanraja, seorang Kader JKN di wilayah Kabupaten Bintan. Beliau sehari-hari bekerja di Puskesmas Teluk Sasah, niat yang tulus untuk membantu pasien yang menunggak iuran JKN menjadi dasar beliau menjadi seorang Kader JKN.

Rabu (27/2) saat ditemui di Puskesmas Teluk Sasah, Lamris bercerita kepada tim Jamkesnews pengalamannya menjadi seorang kader JKN.

“Saat itu, seorang pasien datang ke Puskesmas Teluk Sasah dengan wajah pucat. Pasien langsung dibaringkan di UGD. Petugas melakukan pemeriksaan dan didiagnosa Appendix Perporasi. Oleh dokter harus dirujuk ke RS untuk segera dioperasi,” tutur Lamris.

Lamris melanjutkan ceritanya, pada saat itu pasien langsung menangis, histeris. Dan setelah ditanya oleh dokter, oh ternyata pasien menunggak JKN-KIS selama 2 bulan.

“Seluruh petugas Puskesmas sudah tahu bahwa saya adalah Kader JKN. Beban pelayanan akan menjadi berkurang karena Kader JKN ada untuk itu. Akhirnya kami sepakat dengan pasien, tunggakan iuran JKN-KIS nya saya bayarkan dulu. Karena mereka menunggak bukan karena tidak mau membayar tetapi karena mereka tidak punya duit pada saat ini,” ujar Lamris.
Akhir cerita, pasien langsung dirujuk dan cyto operasi.

Advertisement

“Coba kita bayangkan kalau Kader JKN tidak ada dan masalah lebih besar lagi kalau Kader JKN tidak ada dan hadir di tengah-tengah masyarakat? Berapa biaya, apa yang akan dipakai keluarga ini untuk mengatasi masalah kesehatan yang mereka alami?,” lanjut Lamris.

Bagi Lamris, menjadi seorang Kader JKN adalah ladang pahala. Membantu pasien yang menunggak iuran dengan menjelaskan kepada mereka apa saja yang menjadi hak dan kewajibannya sebagai peserta JKN-KIS. Karena sering kali, peserta menunggak karena tidak tahu dan tidak paham.

“Ucapan terima kasih disampaikan oleh pasien untuk Kader JKN dan BPJS Kesehatan. Terima kasih karena kita sudah hadir bagi mereka,” tutup Lamris.

(Red)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )