Lapas Kelas II A Tanjungpinang Perbolehkan Kunjungan Tatap Muka, Ini Syaratnya

2 min read

Hariansiber.com|Bintan – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tanjungpinang membuka kembali layanan kunjungan tatap muka bagi WBP dan Pembinaan yang melibatkan pihak luar di Lapas Tanjungpinang. Hal ini terkait perkembangan pandemi COVID-19 yang telah menunjukkan tren menurun di Kabupaten Bintan.

WBP pun menyambut bahagia tatkala Kalapas beserta jajaran melaksanakan sosialisasi Surat Edaran Nomor: PAS-12.HH.01.02 Tahun 2022 dihadapan seluruh warga binaan di lapangan dalam blok kamar hunian pada Jum’at (01/07/2022).

“Perkembangan covid-19 telah mengalami penurunan, Maka dari itu Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (DitjenPas) menyiapkan mekanisme pemberlakuan kunjungan tatap muka”. Ujar Kalapas.

Kalapas juga menjelaskan bahwa layanan kunjungan tatap muka ini disosialisasikan kepada wbp setelah mendapatkan petunjuk dari Ditjenpas melalui sosialisasi secara virtual pada jum’at kemarin. Meskipun tatap muka mulai diberlakukan hari ini ada beberapa ketentuan persyaratan yang harus dilengkapi oleh para pengunjung yang akan melaksanakan kunjungan. Mekanisme ini juga sejalan dengan program pembinaan yang melibatkan pihak luar.

Adapun ketentuan persyaratan yang harus dilengkapi para pengunjung adalah pertama, pengunjung merupakan keluarga inti dari WBP. yaitu ayah/ ibu/ anak/ istri/ suami/ kakek/ nenek dan dibuktikan dengan membawa kartu keluarga (KK) dan KTP. Kemudian penasihat/kuasa hukum yang dibuktikan dengan surat kuasa, Perwakilan kedutaan besar/konsuler untuk WBP berkewarganegaraan asing.
Kedua, setiap WBP hanya mendapatkan menerima kunjungan 1(satu) kali dalam seminggu pada jam kerja.

Ketiga, pengunjung telah menerima vaksin ketiga yang dibuktikan dengan aplikasi peduli lindungi atau sertifikat vaksin.
keempat adalah bagi pengunjung yang belum menerima vaksin secara lengkap, wajib menunjukkan rapid test/swab antigen dengan hasil negatif atau surat keterangan tidak dapat menerima vaksin karena alasan kesehatan dari dokter instansi pemerintah.
Terakhir, bagi WBP yang belum vaksin kunjungan dilaksanakan secara virtual
Agar seluruh mekanisme layanan kunjungan tatap muka ini berjalan dengan lancar, Lapas kelas IIA Tanjungpinang juga mempersiapkan jadwal kunjungan.

“kunjungan tatap muka kita buka mulai hari ini senin pukul 09.00 s.d 12.00 wib setelah itu dilanjutkan kembali pukul 13.30 s.d 15.30 wib. Kunjungan tatap muka ini dilakukan pada saat jam kerja saja, serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.” Ujar Kalapas.

Selain itu, kita juga menyelenggarakan layanan kunjungan virtual bagi pengunjung yang belum bisa melaksanakan kunjungn tatap muka dikarenakan tidak memenuhi syarat. Hal ini dilaksanakan guna menghindari sikap diskriminatif petugas pelayanan.

Keluarga Warga binaan pun menyambut gembira dengan dibukanya kembali layanan kunjungan tatap muka ini seperti diutarakan S (36) salah satu keluarga WBP kasus pembunuhan di Lapas Kelas IIA Tanjungpinang.

“Alhamdulillah dengan dibukanya layanan tatap muka ini kami sangat senang sekali, apa lagi anak kami yang kecil ini baru pertama kali melihat ayahnya. Saya senang sekali bisa berjumpa suami, dan saya sudah divaksin booster, begitupun istri saya. Terima kasih bapak Kalapas”, ucapnya terharu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.