Launching Aksi Bergizi Cegah Stunting di Kabupaten Lahat

3 min read

HARIANSIBER.COM|LAHAT – Launching Aksi Bergizi, yang mengikuti Acara tersebut,  SMA 3 Negeri Lahat, SMA 1 Negeri Lahat serta SMA 2 Negeri Lahat itu Sendiri sebagai Tuan Rumah, bertempat di SMA N 2 Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan.

 

Melaksanakan Program Kabupaten Lahat yaitu Gaspol sudah sampaikan tadi yaitu Gerakan Anti Stunting Sampai Nol, Yang mana  itu merupakan salah satu masalah yang ada di Indonesia.  Kekurangan Gizi kepada Anak – anak yang di Bawah Umur atau Balita dan itu sedang ditanggulangi oleh Pemerintah Pusat diperpanjangan Tangannya kepada Profesi dan Konten -konten Indonesia.

 

” Yang mana Stunting itu bertujuan untuk mengurangi Kekurangan Gizi sebagai Anak – anak yang ada di Indonesia Khususnya Anak – anak Putri karena Anak Putri ini Setiap Bulan terutama Anak – anak Remaja sudah mengalami Masa namanya Subur sehingga Mereka banyak Memerlukan Vitamin untuk menambah Darah Mereka, kemudian Stunting juga digunakan  di Sosialisasikan kepada Masyarakat terutama kepada Ibu-ibu dalam Rangka untuk Persiapan Mereka Berkeluarga nanti,” ujar Kepala SMA 2 Negeri Lahat Dr. Tri.

 

Maka dengan itu Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Dinas Pendidikan, Kementrian Agama, dan Kesra selaku Pembina UKS sesuai  Peraturan SKBU Kemendikbud, Dinkes, Kakemenag dan Kemendragi.

 

” Baiklah hari ini Kabupaten Lahat, bersama Puskesmas Bandar Jaya, Perumnas Selawi sekaligus memperingati Hari Kesehatan Nasional di Bulan November akan dilaksanakan secara serentak di Seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Lahat ,” sambutan dari Kepala Dinas Kesehatan Taufik M Putra SKM., MM.

Anemia merupakan salah satu Masalah Kesehatan Masyarakat Indonesia yang dapat mulai dari segala Umur mulai dari Balita, Remaja, sampai Usia Lanjut.

 

” Riset Kesehatan Dasar pada Tahun 2018 menunjukan Animia pada Usia 5 – 18 Tahun sebanyak 42%, kemudian pada Usia 15 sebesar 32%, Hari ini 3 – 10 Anak di Indonesia menderita Anemia atau Kurang Darah ,” tambahnya.

 

Pemerintah telah melakukan beberapa upaya melalui Perbaikan Gizi, Kontiminasi Makanan, memberikan Tablet Penambah Darah, Suplemen Tambah Darah, berdasarkan Pada Tahun 2015 dengan meminum Satu Tablet Satu Minggu.

 

Gerakan Aksi Bergizi merupakan salah satu Upaya Gerakan Atasi Stunting sampai Nol atau Gaspol yang mana Pencegahan Stunting dimulai dari  dulu yaitu Remaja Putri dengan diberikan untuk  Tambah Darah kemudian Aktivitas – aktivitas Fisik secara Rutin dan Asupan Gizi yang seimbang sehingga Remaja Putri tersebut menjadi Remaja yang sehat, Bebas Anime atau Kurang Darah dan siap untuk menjadi Ibu yang melahirkan Generasi Penerus.

 

Kegiatan Launching Aksi Bergizi bertujuan untuk meningkatkan Pengetahuan Remaja Putri tentang pentingnya asupan Gizi Zat Besi pada Usia Remaja dan Pencegahan serta Penanggulangan Anemia pada Remaja Putri.

 

” Kegiatan Launching Aksi Bergizi ini diharapkan mampu memberikan Wawasan Kesehatan kepada Para Siswa untuk selalu memperhatikan Asupan Gizi Mereka saat Usia Remaja ,” ujar Wakil Bupati Lahat H. Hariyanto SE., MM., M.B.A. Jumat(30/09).

 

Pemberian Pengetahuan tentang pentingnya Zat Besi (TTD) sebagai Pencegahan terhadap Kekurangan Asupan Gizi yang dapat berakibat terjadinya Anemia bagi Remaja Putri, yang berdampak pada Penurunan Prestasi Belajar di Sekolah.

 

” Pemberian TTD dilakukan pada Remaja Putri mulai dari Usia SMA atau yang Sederajat melalui UKS/M, Dosisnya yaitu memberikan Satu Tablet tambah darah setiap Minggu ,” tambahnya.

 

Harapannya Siswi Putri meminum Tablet Darah ini pada hari yang sama Setiap Hari, usahakan minum TTD ini setelah Asupan dan meminum dengan Air Putih agar Penyerapan Zat Besinya Maksimal.

 

” Dengan Kegiatan Launching Aksi Bergizi pada Hari ini , diharapkan Prevelensi Stunting pada Tahun 2021 yakni 22,4 % (SSGI) dapat menurun lagi dan bisa mencapai Target Bapak Presiden Indonesia Yakni 14% pada Tahun 2024 ,” paparannya.

 

Untuk itu Mari Bersama – sama Kita dukung Program Pemerintah untuk Penurunan Prevelensi Stunting di Kabupaten Lahat.

 

” Akhir Kata Selamat mengikuti Kegiatan Launching Aksi Bergizi di Kabupaten Lahat Tahun 2022, Semoga apa yang Kita lakukan dapat menjadi Ibadah bagi Kita Semua. Dengan mengucapkan ” Bismillahhirrohmannirrohim” Kegiatan Launching Aksi Bergizi di Kabupaten Lahat Saya Nyatakan Dibuka ,” tutupnya.

 

Dilanjutkan dengan Pemukulan Gong sebagai dibukanya Launching Aksi Bergizi di Kabupaten Lahat, setelah itu ada Tarian dari Adek – adek SMA 2 Negeri Lahat bertema ” Gema Nusantara” dan melakukan Interaksi ke Siswa – Siswi yang hadir dengan cara mengajukan Pertanyaan sekaligus menerima Doorprize dari Kuis Tersebut.

 

Launching Aksi Bergizi dibuka oleh Wakil Bupati Lahat H. Hariyanto SE., MM., M.B.A., bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan Taufik M Putra SKM., MM., Assisten 1 H. Rudi Thamrin SH., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. H. Suhirdin MM.

 

Laporan : Nopan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *