Launching Gema Sejoli, Walikota Santoso Ingin Kota Blitar Punya Hutan Sendiri

2 min read

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Walikota Blitar Santoso melaunching program Gema Sejoli (Gerakan Menanam Sejuta Pohon untuk Lingkungan) pada Rabu (9/3/2022) di Balai Kota Kusuma Wicitra. Program ini bertepatan dengan  peringatan hari sampah nasional mengajak masyarakat lebih peduli lingkungan salah satunya dengan gerakan penghijauan.

Gema Sejoli ini menggandeng sekolah SD hingga SMP, Kelurahan, Kecamatan, dan masyarakat peduli lingkungan. Pada saat itu pula lembaga dan elemen masyarakat menerima apresiasi penghargaan dari walikota atas prestasi dalam pelestarian lingkungan baik di tingkat regional dan nasional.

“Mudah-mudahan dengan program Gema Sejoli ini paling tidak bisa mencukupi kebutuhan oksigen masyarakat Kota Blitar. Karena 1 pohon sama dengan mencukupi kebutuhan oksigen 2 orang. Apalagi Kota Blitar tidak punya hutan alami, agar sirkulasi udara lancar satu-satunya cara dengan gerakan menanam sejuta pohon,” kata Walikota Santoso.

Walikota Santoso mengharapkan pengembangan hutan buatan menjadi tugas bersama masyarakat. Disamping Pemerintah Kota Blitar terus mengembangkan taman-taman kota, masyarakat pada umumnya harus berusaha membuat hutan di wilayah tempat tinggalnya masing-masing.

Semisal sekolah-sekolah bisa memanfaatkan ruang kosong di sudut sekolahnya untuk dibuat hutan mini. Sedang masyarakat perkampungan bisa menanam pohon di ruang kosong sepanjang jalan kampung.

“Alhamdulillah semuanya menyambut dengan antusias harapannya walau tidak punya hutan penghijauan tetap bisa dilakukan di kota kita,” harap orang nomor satu di Kota Blitar ini.

Sedang pengelolaan sampah, Santoso menerangkan per harinya Kota Blitar menghasilkan 70 ton sampah. Untung Kota Blitar memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ngegong yang di bawah pengelolaan Dinas Lingkungan Hidup bisa mengelolanya dengan baik. Salah satunya menghasilkan produk daur ulang berupa gas alam untuk membantu memasak warga sekitar.

“Kegiatan kepedulian lingkungan ini harus kita dukung bersama. Agar anak cucu kita bisa merasakan hasil yang telah kita taman sejak hari ini,” pungkasnya.

 

Penulis : MEIDIAN DONA DONI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.