Lima Hari Perusahaan Di Beri Waktu Perbaiki Dokumen UKL/UPL

Lima Hari Perusahaan Di Beri Waktu Perbaiki Dokumen UKL/UPL

HARIANSIBER.COM| BUOL – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar seminar lingkungan hidup terkait pemeriksaan izin UPL/UKL tentang rencana kegiatan bangunan industri primer hasil hutan kayu kapasitas 6000 ribu kubik yang di mohonkan Perusahaan PT Mitra Cahaya Abadi Metalido (PT MCAM) di dusun kalaka desa kokobuka kecamatan Tiloan kabupaten Buol Sulawesi Tengah, dalam seminar ini memintaa tanggapan Dan masukan dari perwakilan masyarakat serta dinas tehnik atas dampak lingkungan Yang akan terjadi jika perusahaan sudah beroperasi. Adapun perusahaan ini akan beroperasi di kecamatan tiloan dengan memanfaatkan kayu dari lahan  bersertifikat milik anggota koperasi gerbang emas atau forum tani Yang belum di buka,.kegiatan rapat seminar di laksanakan di Hotel Surya Wisata di Buol kamis (19/20/20.

Kadis DLH  Sunarjo S Raukang saat pimpin rapat pemeriksaan UKL/UPL mengatakan sebelum pemerinta kabupaten (pemkab)  memberikan izin operasi bangunan industri sawmill DLH memastikan lebih dulu benar tidaknya isi kajian dokumen  Yang ditawarkan konsultan perusahaan untuk dibahas dalam forum. Rapat Yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam sedikit alot tidak mendapatkan kesepakatan karena sebagian isi dokumen Yang di bahas tidak sesuai dengan izin bangunan industrial Yang dimohon sehingga beberapa kesimpulan penting Yang harus di penuhi perusahaan dalam rapat yaitu akan memperbaiki dokumen lingkungan dengan menambahkan profil perusahaan Dan sertifikat tanah tempat usaha sewa tanah, perusahaan akan melakukan survey lebih lanjut pada lokasi rencana kegiatan dengan melibatkan pemerinta kecamatan ,pemerinta desa Dan instansi tehnik, tidak akan melakukan aktifitas 200 meter di kiri kanan sungai Dan 500 meter di sekitar lokasi, akan memasukan data tenaga kerja dalam dokumen ,memberikan jaminan kesehatan untuk tetap Dan tidak tetap,perusahaan akan memperhatikan penanganan dampak Yang terjadi akibat kegiatan Dan terakhir menambahkan point ijin PPLH dalam dokumen.
Pertemuan tersebut dihadiri 17 orang perwakilan dari pemerinta kecamatan pemerinta desa serta dinas tehnik  antaranya sekretaris dinas penanaman modal Dan pelayanan terpadu satu pintu kepala KPH Pogogul,dinas nakertrans, kamtor Pertanahan Buol Dan jajaran staff dinas tehnik DLH. Dari perusahaan PT MCAM di hadiri Diirektur Haryono, Manager perusahaan Andi Jaya, ketua koprasi Gerbang Emas Sudarmin Paliba serta dua orang Konsultan Rizal Batalipu. Dan mochamad Faisal. Selama rapat berlangsung peserta lebih banyak menyoroti isi dokumen Yang di bahas tidak sesuai peruntukan izin yang di mohon. “kita beri kesempatan kepada pihak perusahaan agar menyusun kembali dokumen pendukung untuk di lengkapi batas waktu Yang di berikan sampai tanggal 24 atau 5 hari, Dan jika dalam waktu yang di berikan tidak juga di lakukan maka permohonan izin di batalkan Dan perusahaan harus bermohon kembali dari awal. Tegas Sunarjo saat pimpin Rapat pwmbahasan Upl/Ukl

Terpisah manager PT MCAM Andi Jaya mengatakan tidak menyangka kalau dokumen Yang di paparkan konsultan ternyata banyak Yang keliru harus di perbaiki kembali pihaknya bersyukur masih di beri kesempatan merubah isi dokumen UKL/UPL bangunan induatri sawmill untuk kemudian di serahkan kepada bagian periizinan Yang natinya di tanda tangani bupati selaku pemerintah kabupaten (pemkab). “Tinggal izin operasi bangunan industrii somel Yang di)tunggu setelah itu kita mulai bekerja di lapangam.”tandas Andi Jaya.

HS-RUS

Editor : HS-Arf

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )