LKPJ Bupati Blitar TA 2021, Fraksi-Fraksi DPRD Soroti Kinerja Sejumlah OPD

2 min read

HARIANSIBER.COM|BLITAR – DPRD Kabupaten Blitar menggelar Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Blitar Tahun Anggaran 2021, pada Kamis (7/4/2022) malam. Menyampaikan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Blitar yang masih kurang.

Diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto, mayoritas fraksi memberikan sorotannya pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tentang lambannya perbaikan jalan. Di mana banyak masyarakat yang mengeluhkan banyaknya jalan yang rusak, hingga berbagai bentuk protes dilakukan masyarakat.

“Dari 5 Fraksi tadi menyampaikan saran dan masukan terkait OPD. Utamanya agar PUPR melakukan percepatan perbaikan jalan yang rusak, utamanya sebentar lagi hari raya banyak masyarakat mengeluhkan jalan rusak itu,” ungkap Suwito.

Setelah PUPR, ada Dinas UMKM dan Koperasi yang diminta untuk lebih gencar membantu warga yang bekerja di usaha mikro. Pasalnya terpaan pandemi dampaknya terasa bagi pengusaha mikro dengan banyak yang gulung tikar.

Selain itu OPD lain yang berpotensi membuka lapangan pekerjaan masyarakat diharapkan bisa berjalan baik. Jangan sampai kegiatan tertunda sehingga anggaran yang telah direncanakan dengan baik menjadi gagal terlaksana.

“Jadi OPD diharapkan profesional dengan perencanaannya yang matang sehingga tidak terjadi Silpa (sisa lebih pembiayaan anggaran tahun berkenaan). Sehingga APBD yang diharapkan sebagai stimulus membangkitkan ekonomi bisa berjalan baik jika tender-tender kegiatan berjalan lancar,” jelasnya.

Masih berkaitan dengan Pandemi, politisi PDI Perjuangan ini pun menyampaikan pandangan fraksinya tentang kurangnya pelayanan kesehatan di rumah sakit. Pihaknya meminta dinas kesehatan untuk melakukan evaluasi perbaikan kepada rumah sakit yang dimaksud.

“Ada 2 rumah sakit di mana dokter dan tenaga medisnya tidak disiplin yang otomatis membuat keterlambatan pelayanan dikeluhkan masyarakat sampai ke fraksi kita. Nantinya apa yang disampaikan fraksi-fraksi ini agar segera ditindaklanjuti untuk perbaikan,” pungkasnya.

 

Penulis : MEIDIAN DONA DONI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.