Maksimalkan Bonus Demografi, Pjs Walikota Blitar Jumadi Harap Kampung KB Terbentuk di Tiap Kelurahan

Maksimalkan Bonus Demografi, Pjs Walikota Blitar Jumadi Harap Kampung KB Terbentuk di Tiap Kelurahan

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Pjs Walikota Blitar Jumadi melaunching Kampung KB ‘Berseri’ yang berdada di Kelurahan Pakunden, Kecamatan Sukorejo pada Selasa (24/11/2020). Membawa harapan selain menjadi kampung yang tertib menyukseskan program Keluarga Berencana (KB) juga bisa memberdayakan di bidang lainnya.

Plt Walikota Blitar Jumadi mengharapkan dengan peresmian ini kampung ini tidak hanya sekedar menerapkan Keluarga Berencana namun terus berinovasi menjadi kampung berkualitas. Itu bukan hal yang mustahil mengingat pertumbuhan ekonomi Kota Blitar sudah melebihi rata-rata pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kota di Jawa Timur.

“Kita harapkan kampung ini direplikasi. Targetnya 1 kecamatan 1 kampung KB tapi kita harap 1 kelurahan 1 kampung KB,” kata Jumadi.

Menurut Jumadi, pembentukan kampung KB ini menjadi hal yang penting. Pasalnya Jawa Timur mendapat bonus demografi yang mana di tahun 2018 jumlah usia produktif usia 19 tahun cukup banyak. Maka perlu pengendalian, supaya bonus ini dimanfaatkan dengan baik.

Diantaranya anak diberi bekal pendidikan tinggi agar tidak segera menikah sebelum mendapatkan profesi matang. Ketika sudah menikah dan memprogram memiliki anak diberi pemahaman 2 anak cukup.

“Jadi tugas pemerintah mengonstruksi pembangunan sumber daya manusia ini dengan baik. Bagaimana membuat masyarakat pintar, sehat dan daya belinya tinggi,” ujarnya.

Jumadi mencontohkan di Kelurahan Pakunden yang sudah didapuk sebagai kampung KB ini sudah baik di sejumlah bidang. Contohnya pertumbuhan unit ekonomi baru berupa UMKM dari makanan maupun kerajinan dan mempunyai pasar tingkat kelurahan. Serta kesehatan sudah mumpuni dengan puskesmas dan posyandu yang aktif.

“Yang penting mentrigger segera mereplikasi kampung ini di kelurahan atau kecamatan lain. Simplenya Kota Blitar kan lahannya kecil kalau pertambahan anaknya tidak terkendali mau kita kemanakan,” pungkasnya.

(Meidian Dona Doni)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )