Maraknya Pencatutan NIK oleh Parpol, APH Diminta Jangan Diam

2 min read

HARIANSIBER.COM|LAMPUNG UTARA – Maraknya pencatutan NIK Kartu Tanda Penduduk (KTP) oleh Parpol tanpa ijin pemiliknya sehingga masuk di SIPOL Parpol, butuh perhatian serius bagi Aparat Penegak Hukum (APH) dalam hal ini Kepolisian Polres Lampung Utara.

Hal ini menyangkut data yang sipatnya pribadi dan dikhawatirkan bisa dipergunakan dan disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Seperti yang disampaikan HN warga Lampung Utara, merasa kaget ketika mengetahui NIK dan namanya masuk didalam SIPOL Partai PKP. Hal ini diketahuinya ketika di cek melalui link KPU: infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik. dan terdaftar di SIPOL Partai itu.

Merasa keberatan HN mendatangi Sekretariat KPU Lampung Utara dan melaporkan prihal itu dan mengisi form aduan dan tanggapan masyarakat yang telah disiapkan KPU melalui link, helpdesk.kpu.go.id/tanggapan.

Padahal kita tidak pernah diminta atau di hubungi oleh pihak Parpol tersebut  untuk bergabung dengan Partai PKP.

“Kok tiba-tiba nama kita bisa di catut oleh Partai PKP,” ungkap HN kepada media ini, Sabtu (1/10/2022).

Kita sudah berupaya mendatangi Kantor Sekretariat PKP namun kantornya tutup seperti layaknya tidak berpenghuni.

Merasa sangat dirugikan HN melapor ke KPU setempat atas pencatutan nama dan NIK, puncaknya hari ini Sabtu (1/10/2022) ketika dirinya diundang oleh KPU terkait aduan tersebut melalui surat KPU  nomor 307/PL01.1-und/1803/2/2022 perihal Klarifikasi dari Partai PKP kepada masyarakat yang dicatut NIK dan namanya.

Namun sangat disayangkan pihak Partai PKP maupun EO tidak hadir dalam Klarifikasi yang dibuka oleh KPU Lampung Utara padahal Partai tersebut telah diundang oleh KPU.” sesal HN.

Sehingga proses Klarifikasi dari Partai belum sepenuhnya selesai karena proses Verifikasi tahap awal telah ditutup, selanjutnya menunggu tahapan verifikasi faktual yang akan dibuka oleh KPU pada 15 Oktober sampai dengan 4 November 2022 mendatang.

Sementara masa Perbaikan hasil Verifikasi Faktual (Verfak) KPU Lampung Utara akan dibuka pada 10 November sampai dengan 23 November 2022, dan ini harus ditindak lanjuti oleh Parpol.

 

(Anton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *