Masyarakat Desa Suka Mukti Sudah Rasakan Dampak Dana Desa Tahun 2019

Masyarakat Desa Suka Mukti Sudah Rasakan Dampak Dana Desa Tahun 2019

HARIANSIBER.COM|KONSEL,—Pemerintah Desa Suka Mukti, Imam Santoso, merupakan kepala desa dua periode yang di sukai masyarakatnya.

Desa Suka Mukti berdekatan dengan desa Kapowila yang terletak dikecamatan Lalembuu kabupaten Konsel provinsi Sultra. Kini jumlah hak pilih di desa tersebut mencapai 1027 jiwa dengan jumlah 457 KK.

Menurutnya Kades Suka Mukti, program dana desa yang di kuncurkan melalui APBN memberikan terobosan terhadap masyarakatnya untuk memprogramkan kegiatan pekerjaan seperti peningkatan jalan 1,5 kilometer, plat duicker, lampu jalan, dan mobil ambulan yang terbagi disemua dusun, termasuk kegiatan honor perangkat desa.

“Semua kegiatan dana desa tahun 2019 di masukan di grafik APBDes, mulai dari pelaksanaan tahap satu, tahap dua dan tahap tiga sudah rampung 100%. Semua kegiatan dipantau langsung oleh pemeriksa dari kabupaten, dan dievaluasi, sampai saat ini tidak ada kendala, dan sudah dimamfaatkan masyarakat,”Ujarnya kepada media ini dikediamannya, Sabtu (25/01/2020).

Dijelaskan Imam Santoso, dalam memprogramkan dana desa pihaknya selalu membuat aturan terlebih dahulu sebelum kegiatan di mulai, pertama di lakukan rembuk dusun, lalu rembuk desa, agar masyarakat dapat memahami program yang akan dilaksanakan.
Kita selalu kordinasi dengan pihak kecamatan, dan selalu terbuka dan transparan, mulai rapat kordinasi sampai fisik kegiatan di lapangan, dan kami selalu kerja tim,”Ucapnya.

“Seperti diketahui kata dia, mayoritas penduduk desa Suka Mukti didominasi Suku Jawa dan satu – satunya penghasilan mereka adalah berkebun, maka dari itu pihak desa memprogramkan pembangunan jalan agar akses transportasi lancar menuju lokasi perkebunan masyarakat,”Tujuannya tentu untuk memperlancar roda perekonomian masyarakat di desa Sula Mukti,” terangya seraya mengatakan desa Suka Mukti menjadi desa percontohan.

Imam Santoso berharap, tahun 2020 ini dana desa bisa dimamfaatkan kembali untuk pembangunan infrastruktur maupun bidang pemberdayaan masyarakat,”Semoga kedepan program yang akan kita laksanakan tidak ada kendala,”sebutnya.

Laporan : Edison.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )