Melanggar UU ITE, AG diamankan Polres Lampung Utara

Melanggar UU ITE, AG diamankan Polres Lampung Utara

HARIANSIBER.COM|Lampung Utara – Polres Lampung Utara menggelar Konferensi Pers atas penangkapan Pelaku tindak pidana Pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang digelar di Mapolres setempat.Selasa (4/02/2020).

Melalui Press Rilisnya, Kapolres Lampung Utara, AKBP
Budiman Sulaksono,S.I.K, diwakili Kasat Reskrim, AKP.M.Hendrik Apriliyanto S.IK. mengatakan,”
Tersangka AG berhasil diamankan pada hari jumat 24/01/2020 pukul 00.30 wib diirumah kontrakannya di Kecamatan Baradatu Kabupaten Waykanan dengan barang bukti 2 unit Handphone dari berbagai merk,” Ujar Kasat. Selasa (4/02/2020)

Pelaku AG merupakan warga Desa Papan tanggul jaya Kecamatan Sungkai tengah Kabupaten Lampung Utara, dengan korbannya berinisial A Warga Waykanan yang telah berstatus bersuami, kejadian tersebut terjadi pada hari sabtu tanggal 11 Januari hingga 23 januari 2020 melalui sambungan pesan singkat Watshaap.

Kejadian diawali dengan Perkenalan pelaku dengan korban melalui Faceebok lalu keduanya bertukar nomor HP dilanjutkan dengan komunikasi melalui Video Call,” Jelas Kasat.

Melalui Video Call ini, pelaku meminta kepada korban membuka bajunya dan korban mengikuti perintah pelaku, oleh pelaku photo korban discrinsutnya lalu dipergunakannya untuk menakuti dan memeras korban jika tidak mendatanginya maka photonya akan disebarkan.

Karena takut, akhirnya korban mendatangi alamat pelaku di Lampung Utara lalu pelaku mengajak korban kesebuah Hotel dan melakukan hubungan suami istri,” Terang Kasat.

Tidak puas disitu, pelaku juga mengirimkan photo dan video rekaman kejadian itu kepada suami korban, lalu pelaku menghubungi suami korban melalui sambungan Video Call dan meminta sejumlah uang senilai 1,5 juta rupiah, pelaku mengakuinya uang hasil memeras itu dipergunakannya untuk membayar hutang dan bayar kontrakan.

Pelaku AG telah melanggar Pasal 45 ayat I junto pasal 27 ayat I UU RI nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang- undang nomor 11 tahun 2008 tentang ITE dengan ancaman pidana penjara paling lama 6 tahun dan denda paling banyak 1 millyar,” Pungkas Kasat.

(Anton)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )