Mewabahnya Covid-19, Bappeda Agara Tunda Musrenbang RKPK 2021

Mewabahnya Covid-19, Bappeda Agara Tunda Musrenbang RKPK 2021

HARIANSIBER|ACEH TENGGARA – Akibat Virus Corona (Covid-19) yang saat ini sedang melanda dunia termasuk Indonesia, membuat pemerintah terus melakukan berbagai upaya pencegahan dan penanganan virus corona diantaranya, mencegah warga berkumpul untuk memutus mata rantai penularan virus tersebut.

Begitu juga yang diperbuat Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), agar virus tidak masuk ke Kabupaten berjuluk Bumi Metuah Sepakat Segenep itu, saat ini di perbatasan Aceh Tenggara dan Sumatera Utara, juga dilakukan pemeriksaan dan penyemprotan cairan Disinfektan.

Bahkan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Tenggara, terpaksa menunda pelaksanaan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten 2021, hingga akhir Maret 2020 ini.

Hal itu disampaikan Kepala Bappeda Agara, Yusrizal, ST, yang didampingi Kabid Program Pendanaan, Syarif, kepada wartawan Hariansiber.com, Selasa (24/3/2020), saat ditemui di ruang kerjanya.

“Semestinya Musrenbang Kabupaten digelar pada 4 Maret 2020 lalu, tapi karena tengah mewabahnya virus corona, pelaksanaannya terpaksa ditunda. Bahkan penundaan Musrenbang Kabupaten ini juga diperkuat dengan surat edaran Mendagri RI, No 440/2552/Sj tertanggal 23 Maret 2020,” kata Yusrizal.

Padahal, tahapan Musrenbang RKPK 2021 telah hampir semua diselesaikan, yang diawali dari pelaksanaan Forum Konsutasi Publik Rancangan awal RKPK 2021 pada 11 Februari 2020 lalu, yang dilanjutkan dengan Musrenbang di 16 Kecamatan Aceh Tenggara pada 21 s/d 28 Februari 2020 yang menghasilkan sejumlah program prioritas, kemudian dilanjutkan dengan pergelaran Forum OPD pada 18 s/d 19 Maret 2020 yang bertujuan membahas dan memverifikasi Rencana Kerja OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

Lebih rinci orang nomor wahid di jajaran Kantor Bappeda Agara ini menerangkan “Dari surat edaran Mendagri RI ini ada yang berubah sistem pelaksanaan Musrenbang RKPK 2021 ini, yang mengacu pada tiga point pencegahan virus corona, yakni Jadwal pelaksanaan disesuaikan dengan kondisi daerah, kedua mengurangi jumlah peserta acara, terakhir adalah efektivitas penggunaan IT dari peserta Musrenbang.

Harus kita pahami bersama, bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPK 2021 ini apapun ceritanya wajib kita laksanakan, karena dari sini akan lahir program-program unggulan Pemerintah Daerah yang pastinya sudah singkron dengan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Agara, dan juga RPJM Aceh Tenggara ke depan, tukas Yusrizal.

Di ujung konfirmasi Yusrizal berharap, mudah-mudahan, walau belum bisa kita pastikan tanggal dan harinya, di akhir Maret atau di awal April 2020 ini Musrenbang RKPK Agara 2021 bisa kita dengan sukses kita gelar yang Insya Allah dengan sistem yang kita ikuti sesuai edaran surat Mendagri RI tersebut, minimal dikarenakan jumlah pesertanya yang begitu banyak walaupun telah kita kurangi hampir separuh, sistem pemisahan ruangan dan duduk berjarak sebagai social distancing terpaksa kita lakukan, pungkas Yusrizal.

HS/[Riki Hamdani]

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )