Mulai PABPD 2020, Sebanyak 220 Desa di Blitar Terima Bantuan Khusus Kurangi Dampak Covid-19

Mulai PABPD 2020, Sebanyak 220 Desa di Blitar Terima Bantuan Khusus Kurangi Dampak Covid-19

HARIANSIBER.COM|BLITAR- Mulai Perubahan APBD 2020, sebanyak 220 desa di Kabupaten Blitar menerima Bantuan Khusus Keuangan (BKK) untuk pembangunan perbaikan infrastruktur yang sempat macet akibat refocusing. Sekaligus menanggulangi dampak Covid-19, pembangunan inipun harus bersifat padat karya.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dindamade) Kabupaten Blitar turut serta agar program baik ini berjalan sukses. Dengan membantu membuatkan petunjuk pelaksaan dan petunjuk teknis (juklak juknis) agar padat karya dengan BKK bisa membantu warga desa yang ekonominya terdampak Covid-19.

“Karena dinas kami bergerak di pembinaan, pendampingan dan fasilitasi desa disini kita membantu membuatkan juklak juknisnya, termasuk tata caranya memasukkan bantuan khusus ini ke APBDes. Agar padat karya yang dikandung maksud membantu warga terdampak seperti bagi kehilangan pekerjaan harus diikutsertakan dalam membangun desanya,” ungkap Kepala Dindamade Kabupaten Blitar, Mujianto, Kamis (22/10/2020).

Mujianto menerangkan di padat karya ini tenaga kerja yang diikutsertakan ada sejumlah prioritas. Seperti keluarga yang tidak mempunyai mata pencaharian, terkena dampak Covid-19 kehilangan pekerjaan, serta ada salah satu keluarga yang sakit menahun masuk skala prioritas.

Jumlah besaran BKK di Perubahan APBD 2020 ini sebanyak Rp 100 juta sama bagi semua desa. Dan pemerintah Kabupaten Blitar merencanakan akan memberikan BKK kembali bagi desa pada tahun depan di APBD 2021.

Diharapkan bisa sedikit membantu membangun infrastruktur desa yang sempat batal karena anggarannya dialihkan di sektor lain.

“Ya banyak anggaran desa yang dialihkan seperti digunakan BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) membuat pembangunan fisik desa terganggu. Semoga dengan BKK ini pemerintah desa bisa sedikit membantu melanjutkan rencananya menjalankan pembangunan fisik,” pungkasnya.

(ADV/Meidian Dona Doni)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )