Narkoba Bentuk Sabu Dari Malaysia Gagal Beredar di Babel

Narkoba Bentuk Sabu Dari Malaysia Gagal Beredar di Babel

Hariansiber.com| PANGKALPINANG – Empat kurir narkoba jenis Shabu asal Malaysia berhasil di ringkus tim gabungan BNNP, Beacukai dan Polairud Polda Bangka Bitung (Babel), Jumat (13/3/2020) di dua lokasi berbeda.

Tiga pelaku bertindak sebagai kurir pengirim shabu yaitu DSK (30) warga Cirebon, Jawa Barat, R (44) warga Tanjung Kelik, Kepulauan Riau dan SH (35) warga Pekajang, Kepulauan Riau.

(4 Tersangka Pengedar Sabu)

 

(Barang Bukti)

Ketiganya berhasil diamankan lebih dulu oleh tim gabungan saat berada diatas kapal kayu Pompong di perairan Sungailiat, tepatnya di depan Pantai Tikus Emas Kabupaten Bangka, Jumat (13/3/2020) sekitar pukul 17.45 WIB.

Sementara pelaku DS Alias B (41) warga Batam, Kepulauan Riau bertugas sebagai pengendali Shabu berhasil dibekuk saat barada di salah – satu penginapan di kampung Jeruk, Air Mesu, Pangkalanbaru, Bangka Tengah.

Saat dibekuk pelaku diketahui baru tiba dari Batam ke Pangkalpinang dengan mengunakan jasa penerbangan.

Terungkapnya peredaran narkoba internasional asal Malaysia ke Pulau Bangka setelah tim gabungan BNNP, Beacukai dan Satpol Air Polda Babel, Kamis (12/3/2020) sekitar pukul 11.00 WIB mendapatkan informasi, bahwa akan ada pengiriman narkotika asal ke Pangkalpinang, asal barang dari Malaysia dikirim lewat Batam mengunakan jalur laut dengan kapal motor kayu Pompong dari Batam menuju Pulau Bangka, lewat perairan Dabo dan Perairan Kepulauan Tujuh.

Pada hari Rabu (11/3/2020) sekitar pukul 05.00 WIB, kemudian mereka singgah di beberapa Pulau untuk mengisi ransum dan mengisi logistik, istirahat.

Selang dua hari kemudian tepatnya pada hari Jumat (13/3/2020) sekitar pukul 12.00 WIB, tim kembali mendapatkan informasi bahwa kapal Kurir pengirim shabu sudah sampai di Perairan Bangka pada Kamis (12/3/2020) pukul 11.00 WIB.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, tim langsung berkoordinasi dan langsung membuntuti di perairan Bangka bersama Beacukai dan Polairud Polda Babel.

Tepat pada pukul 15.00 WIB, tim ganungan langsung melakukan pengejaran dengan mengunakan Kapa speedboat. Pengejaran terus dilakukan hingga pada pukul 17.45 WIB , tim gabungan berhasil menemukan kapal kayu Pompong milik kurir pengirim di perairan Sungailiat.

Tak ingin buruannya kabur, tim gabungan langsung melakukan penindakan dengan cara mengamankan ke tiga pelaku. Tiga kurir yang berhasil diamankan yaitu DSK bin R, R Bin S dan SH Bin S.

Pada saat diamankan, salah – satu dari kurir mencoba membuang satu tas selempang warna hitam, untung saja hal itu cepat diketahui tim hingga akhirnya tas tersebut berhasil diamankan.

Tak ingin kecolongan, tim gabungan kemudian melakukan pemeriksaan isi didalam tas hitam tersebut, setelah dicek ternyata berisi satu bungkus besar narkotika berbentuk kristal putih (Shabu).

Setelah mengamankan ketiga kurir pengantar shabu, tim kembali mendapatkan informasi satu pelaku lagi yang memiliki tugas sebagai pengendali baru mendarat mengunakan pesawat dari Batam ke Pangkalpinang sekitar pukul 17.35 WIB.

Mendapatkan informasi ini, Tim ganlbungan langsung menuju Pangkalpinang dan melakukan Surveilans. Dari hasil survailans didapati informasi jika pengendali Shabu telah berada di salah – satu penginapan di Kampung Jeruk, Desa Air Mesu Kecamatan Pangkalanbaru, Bateng.

Tak ingin berlama lama, tim kemudian langsung memburu pelaku dengan mendstangi penginapan yang dimaksud. Selang beberapa saat kemudian, tim tiba dilokasi, sebelum melakukan pengerebekan, tim lebih dulu berkoordinasi dengan petugas dan RT setempat.

Tim kemudian melakukan penyelidikan di penginapan tersebut, dari hasil penyelidikan diketahui jika didalam kamar kontrakan tersebut ada seorang laki – laki dengan gerak gerik mencurigakan dengan ciri-ciri yang sama dengan informasi yangbdidapat masuk kedalam kamar kontrakan.

Setelah kondisi hari mulai gelap, tepatnya pada pukul 20.00 WIB, tim gabungan langsung melakukan pengerebekan di rumah kontrakan tersebut.

Pelaku berhasil diamankan tanpa melakukan perlawanan. Setelah di introgasi, pelaku diketahui bernama DS Bin K.

Tim BNNP kemudian melakukan pengeledahan terhadap pelaku mulai dari badan, pakaian, ruangan sampai barang yang dibawa pelaku dengan disaksikan oleh tim gabungan.

Dari hasil pemeriksaan itu, ditemukan satu buah boarding pass tujuan Batam – Pangkalpinang. Turut juga diamankan satu unit HP Nokia Black Senter warna Hitam yangbdigunakan pelaku untuk berkomunikasi dengan ketiga kurir pengirim shabu yang telah diamankan sebelumnya.

Selanjutnya tersangka dan Barang Bukti (BB) langsung di gelandang kekantor BNNP Babel guna pemeriksaan lebih lanjut.

Adapun BB yang berhasil disita sebagai berikut : 1 bungkus besar Shabu seberat 1 Kg.

Dari tersangka DSK Bin R diamankan 1 unit HP Nokia Black Senter warna Putih, 1 unit HP OPPO warna Rose Gold dan 1 buah tas selempang warna hitam berisi Shabu.

Sementara dari tersangka R Bin S diamankan 1 unit HP Nokia Black Senter warna Hitam. Dari tersangka SH Bin S diamankan 1 unit HP Nokia Black Senter warna Putih.

Sedangkan dari tersangka DS Alias B diamankan 1 unit HP Nokia Black Senter warna Hitam, 1 Boarding Pass.Kepala BNNP Bangka Belitung, Brigjen Pol Nanang Hadiyanto dalam Press Release mengungkapkan, modus operandi yang dilakukan DSK, R dan SH, membawa narkotika mengunakan jalur perairan dengan kapal kayu Pompong , sedangkan pengendali yaitu DS Alias B berangkat dari Batam mengunakan jalur udara kemudian mereka akan saling bertemu di Pangkalpinang setelah Shabu yang dibawa oleh ketiga kurir telah sampai di darat.

“Saat ini keempat tersangka telah ditahan di kantor BNNP Babel guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Keempatnya akan dikenalan Pasal 114 dan 112 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman paling lama 20 tahun penjara,” tegasnya.

HS/(wah)

Red/Arf/Hariansiber

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )