Normalisasi Sungai Lahomi,Butuh Pembebasan Lahan Lebih Banyak

Normalisasi Sungai Lahomi,Butuh Pembebasan Lahan Lebih Banyak

Hariansiber.Com/Nias Barat-Sungai Lahomi Nias Barat yang kerap meluap mendesak untuk dilakukan normalisasi karena Banjir yang Terjadi kemarin, namun harus terlebih dahulu dilakukan pembebasan lahan sempadan sungai.Sabtu 28/11/20

Kepala UPT Pengelolaan Irigasi Nias Dinas PSDA Sumut, Rinsan Marpaung, Sabtu 28/11/2020 menjelaskan, setelah pihaknya mendengar Sungai Lahomi dan Moro’o sering meluap dan mengganggu aktivitas masyarakat sehingga Terjadi banjir di stiap lokasi Nias barat efek Hujan deras,pihaknya turun melakukan peninjauan.”Kami sudah melakukan pemeriksaan sungai di berapa titik,”jelasnya Marpaung.

Dijelaskan, permasalahan yang terjadi di sungai Lahomi adalah,sekitar sepanjang 20 Km sungai tersebut mengalami pendangkalan sehingga perlu penanganan dengan melakukan pengerukan.

Namun disebutkan, untuk saat ini belum bisa dikerjakan, alasannya Pemkab Nias Barat harus terlebih dahulu melakukan pembebasan lahan sempadan sungai kiri-kanan.ungkapnya marpaung

Pemkab Nisbar diharapkan bisa memfasilitasi pembebasan lahan masyarakat sebagai tempat pengoperasian alat berat dalam pengerukan nantinya.Marpaung pun mengaku sudah berkomunikasi dengan Pemkab Nias barat melalui dinas PUPR dan telah menyanggupi melakukan pembebasan.

“Pembenahan sungai Lahomi dan Moro harus melibatkan semua pihak sehingga badan sungai kembali normal dan tidak menyebabkan banjir lagi seperti yang sudah Terjadi kemarin selamat setiap hujan turun,” kata Marpaung.

Seperti diketahui, jika hujan deras air sungai Lahomi meluap ke daratan. Akses dari Kecamatan Sirombu menuju ibukota kabupaten biasanya lumpuh total.Sehingga segala Aktivitas Masyarakat Terganggu Hingga menunggu air surut untuk melanjutkan perjalanan.

(HS-ARIUS MENDROFA)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )