Panwascam Tanjungpinang Timur Gelar Bimtek, Ini Yang dibahas

Panwascam Tanjungpinang Timur Gelar Bimtek, Ini Yang dibahas

HARIANSIBER.COM|TANJUNGPINANG – Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Tanjungpinang Timur menggelar pelatihan dan simulasi penyelenggaraan proses Pemungutan suara di Pilkada 2020 untuk Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), di Hotel Plaza, Tanjungpinang, Rabu(25/11) pagi.

Ketua Panwascam Tanjungpinang Timur, Hendri Saputra, S.pd dalam pemaparannya berpesan kepada setiap PTPS agar tetap santun menjaga integritas dalam menjalankan tugasnya.

Apalagi, kata Hendri di Pilkada tahun 2020 ini, proses penyelenggaraan Pemilihan harus mengedepankan Protokol Kesehatan.

“Nantinya kita harus memastikan bahwa Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari, tempat cuci tangan, pengukur suhu tubuh, maupun jarak harus kita perhatikan,” tegas Hendri.

Selanjutnya, kata Hendri, setiap Pemilih wajib mengenakan sarung tangan plastik yang diberikan oleh petugas KPPS, kemudian duduk di bangku antrean, atau langsung ke bilik suara apabila sudah diberi kesempatan mencoblos oleh Ketua KPPS.

“Setelah mencoblos, langsung melepas salah satu sarung tangan plastik untuk diberikan tinta di jari sebagai tanda telah memilih,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tanjungpinang, Muhammad Zaini meminta setiap PTPS agar tidak takut akan intimidasi dari pihak mana pun.

“Bapak dan Ibu dilindungi oleh Negara, Karena kita dijaga oleh konstitusi dan Undang-undang asalkan kita bekerja sesuai koridor kita sebagai pengawas,” ucapnya.

Untuk itu, Zaini berpesan agar semua PTPS harus mengenal KPPS, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan tokoh masyarakat yang ada di Sekitar TPS.

“Setelah itu, pastikan perlengkapan dan pemungutan suara pastikan distribusi ya sudah terdistribusi dengan baik sebelum hari H,” tegasnya.

(Budi Arifin)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )