Para Pejabat Bakal Datangi Kota Blitar, Lihat Lebih Dekat Pelaksanaan New Normal

Para Pejabat Bakal Datangi Kota Blitar, Lihat Lebih Dekat Pelaksanaan New Normal

HARIANSIBER.COM | BLITAR – Kota Blitar bakal didatangi sejumlah pejabat negara dan daerah. Pasca ditunjuknya Kota Blitar oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai daerah percontohan atau role model menjalankan New Normal di Indonesia.

“Terima kasih Pak Menko Marves dan Kemenkes yang telah mengirimkan stafnya ke kota Blitar kemarin. Tadi pagi kita sudah dihubungi tenaga ahli Pak Menko kalau tidak Selasa atau Rabu beliau setelah kunjungan ke Madiun mampir ke Kota Blitar untuk melihat Isoter kita,” ungkap Walikota Blitar Santoso, Rabu (6/10/2021).

Walikota Santoso mengatakan tidak hanya Menko Marves, juga hadir pejabat negara lain yang datang. Dalam waktu dekat Panglima Armada Timur (PangArmatim) juga datang ke Blitar memberikan dukungan Pemerintah Kota Blitar. Bahkan kunjungan pejabat daerah lain juga datang ke Kota Blitar untuk belajar langkah dilakukan disini dengan melihat langsung.

“Minggu depan juga kalau tidak Rabu atau Kamis insyaAllah PangArmatim datang ke Blitar memberikan bantuan vaksin 30 ribu dosis jenis Sinovac,” ujarnya.

Santoso menjelaskan bahwa Kota Blitar bisa sampai ditunjuk menjadi role model tidak lepas dari kerjasama pemerintah daerah bersama tiga pilar. Kerjasama dalam menggencarkan vaksinasi yang kini mencapai 94,46 persen masyarakat sudah vaksin dosis pertama dan 70 persen lebih sudah dosis kedua.

Lalu inovasi Isolasi terpusat (Isoter) dilakukan untuk mengurangi risiko masyarakat isolasi mandiri (isoman) mengalami gejala fatal. Di Isoter semua kebutuhan penghuninya dijamin penuh pemerintah mulai makanan dan kebutuhan lainnya. Juga ada tenaga kesehatan selalu menjaga kesehatan penghuni isoter.

“Kita menyiasati dengan tidak menggunakan ambulans tapi mobil biasa yang dimodifikasi untuk menjemput warga dibawa ke isoter. Mobil itu juga tidak ada sirinenya, untuk menghindari trauma psikologis dan alhamdulillah berhasil,” paparnya.

Kini dengan new normal ini sejumlah pembatasan sudah mulai dikurangi. Seperti pasar dan mall mulai bisa panjang waktu operasinya. Sektor industri mulai meningkatkan pegawainya bekerja di pabrik. Sekolah pun mulai banyak menampung siswa di pembelajaran tatap muka.

“Di new normal ini tetap harus protokol kesehatan. Kita juga mewajibkan mulai mall, toko-toko, perkantoran pemerintah atau swasta dan tempat nongkrong memasang barcode aplikasi peduli lindungi. Intinya masyarakat harus saling menjaga protokol kesehatan jangan sampai ada ledakan lagi dan kembali ada pembatasan yang merugikan masyarakat sendiri,” harap Santoso.

(Meidian Dona Doni)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )