Parah! Limbah Medis Tercecer di Samping RSUD Karawang, Drainasepun Tersumbat Sampah

Parah! Limbah Medis Tercecer di Samping RSUD Karawang, Drainasepun Tersumbat Sampah

KARAWANG ( Jawa Barat ), hariansiber.com – Masih terlihat ceceran limbah medis di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karawang di Jalan Galuh Mas Raya No 1, Desa Sukaharja, Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang. Jawa Barat. Minggu (01/08/21).

Dari pantauan media, Limbah medis yang tercecer tidak jauh dari Istalansi Gawat Darurat (IGD) RSUD Karawang berupa jarum suntik, Selang oksigen, Botol bekas obat, masker. Selang infusan yang menyatu dengan ceceran limbah non ekonomis.

Limbah medis yang tercecer tersebut sepertinya sudah lama namun terkesan dibiarkan begitu saja, karena terlihat kotor dan berserakan.

Bahkan terlihat diduga sebagian limbah tersebut telah tertimbun menggunakan matras sisa bongkahan bangunan agar tidak terlihat lagi.

Namun yang cukup mengejutkan hanya beberapa meter di samping gerbang keluar RSUD ada sampah sampah yang dibakar, padahal sampah rumah tangga atau sampah non medis diangkut dan dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah di Jalupang, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang.

Menyikapi hal tersebut membuat Wayudin Ketua Lembaga Pencinta Lingkungan Hidup Nusantara (LPLHN) merasa geram karena seharusnya di lingkungan rumah sakit tidak boleh ada ceceran limbah apa lagi limbah medis.

“Seharusnya tidak ada ceceran limbah medis apa lagi yang tercecer ada jarum suntik, Selang infusan, selang oksigen dan masih ada yang lain karena limbah medis megitu selesai langsung dimasukan ke tempat limbah medis, biasanya kalau jarum suntik ada septy bok” kata Wahyudin, Minggu (01/08/21).

Adanya Limbah yang tercecer, Wahyudin meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang turun kelokasi, karena selain limbah medis, juga drainase di RSUD ada yang tersumbat sampah.

“Saya minta DLHK jangan beraninya ke Puskesmas saja, coba tuh lihat RSUD Karawang masa ada limbah medis yang cecer dan drainase tersumbat oleh sampah” pungkasnya.

Laporan: DH

CATEGORIES
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )