Paripurna DPRD Kabupaten Blitar LKPJ 2020, Bupati Pamerkan Prestasi

Paripurna DPRD Kabupaten Blitar LKPJ 2020, Bupati Pamerkan Prestasi

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blitar beragenda Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Tahun 2020 menjadi tahun terakhir pertanggungjawaban Bupati dan Wakil Bupati Rijanto-Marhaenis.

Rapat paripurna yang digelar di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar pada Senin (8/2/2021), Bupati Rijanto menyampaikan laporan serta prestasi diraih selama lima tahun kepemimpinan mulai tahun 2016-2021.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto didampingi Wakil Ketua Abdul Munib, Susi Narulita K.D, Mujib dan anggota dewan yang hadir mencapai kurang lebih 39 anggota dewan. Dan jajaran Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi mengikuti rapat paripurna melalui aplikasi rapat virtual.

Diawal pembacaan laporannya Bupati Rijanto memutarkan sebuah video singkat tentang pembangunan selama 5 tahun terakhir. Mulai awal pemerintahan dengan melakukan pemindahan ibukota Kabupaten yang semula bergabung dengan Kota Blitar kini berdiri sendiri di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar.

Lalu pembangunan infrastruktur jalan di pegunungan hingga jembatan ke pelosok-pelosok desa. Di bidang ekonomi berkembang dengan masuknya investor mulai dari Pabrik Susu Greenfields, Pabrik Gula RMI, Perkebunan Pisang Cavendish, hingga menjalin kerjasama pemerintah DKI Jakarta untuk penyuplaian telur ke ibukota negara dari Blitar.

Bidang sumber daya manusia dengan di sekolah-sekolah secara merata, pelatihan-pelatihan yang didukung dengan pembangunan infrastruktur mulai dari gedung hingga ruang terbuka hijau.

Khusus pembangunan tahun 2020 yang dimulai Pandemi Covid-19, pembangunan bertema ‘Peningkatan Standar Kualitas Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi Untuk Menjaga Ketahanan dan Kesejahteraan Masyarakat’. Dengan prioritas pembiasaan masyarakat dengan New Normal, penanggulangan dampak ekonomi dengan jaring sosial, perlindungan usaha mikro kecil yang berbasis pertanian dan pariwisata serta fasilitasi pilkada 2021-2024.

Diterpa pagebluk Covid-19, Kabupaten Blitar tetap mengukir prestasi diantaranya penghargaan opini wajar tanpa pengecualian selama 4 tahun berturut-turut, kabupaten peduli HAM 4 tahun berturut-turut, Kabupaten Stop BABS 100 persen dari menteri kesehatan, kabupaten sangat inovatif dari Kemendagri, dan banyak penghargaan lain.

“Penghargaan ini bukanlah tujuan utama untuk memotivasi dan membantu daya saing kita guna berkompetisi secara sehat dan membiasakan berpikir dan bertindak secara sistematis efektif dan efisien agar memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Bupati Rijanto.

Bupati pun menyampaikan terima kasih kepada masyarakat, jajaran DPRD dan Forum Komunikasi pimpinan daerah dalam bekerja sama di tahun 2020. “Tahun mendatang semakin penuh tantangan menuju peningkatan kesejahteraan rakyat yang lebih baik di tengah Pandemi covid-19,” pesan bupati.

Menindaklanjuti laporan Bupati terkait LKPJ 2020, Ketua DPRD Suwito Saren Satoto membentuk panitia khusus (pansus). Ditargetkan LKPJ selesai menjadi perda dalam 3 bulan setelah masa anggaran seperti diamanatkan undang-undang.

“Pansus DPRD segera dibentuk untuk bertugas membahas LKPJ Bupati tahun 2020 yang mana akan bekerja sampai awal Maret tahun 2021,” tutup Suwito dalam rapat.

(Meidian Dona Doni)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )