Pasien PDP Covid-19 di Makassar, Sempat Kabur dari Ruang Isolasi Rumah Sakit

Pasien PDP Covid-19 di Makassar, Sempat Kabur dari Ruang Isolasi Rumah Sakit

Hariansiber.com| Makassar – Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang diisolasi di RS Pelamonia, Kota Makassar sempat melarikan dari ruang isolasi rumah sakit tersebut, Senin (06/04/2020).
Rilis yang diterima hariansiber dari Danramil 1408-11/Bky, Mayor Kav. Salahuddin Basir dan lansung dikonfirmasi dalam membenarkan kejadian itu.

Iya benar, ada satu orang pasien  PDP kabur dari ruang isolasi RS Pelamonia, Kemarin,” ungkapnya via telepon seluler, Senin (06/04/2020) kemarin.

Dalam rilis menjelaskan, adanya pasien Covid-19 yang kabur disebabkan pasien tersebut menolak untuk masukkan ke ruang solasi.
Selanjutnya, pihak RS Pelamonia melakukan identifikasi dengan melakukan cek lansung ke alamat Pasien PDP tersebut untuk melakukan koodinasi dgn camat, lurah dn koramil setempat perihal Pasien PDP dengan nama Fatimah sesuai alamat yang tertera dalam Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Pihak RS. Pelamonia didampingi dari  Koramil, Kecamatan dan Kelurahan (RT/RW) tiba  di.rumah Fatimah Tuhzahra yang beralamat Jalan Da’wah Lrg. 165 No.15 Kel Mallimongan Kec. Wajo Kota Makassar dan langsung mengambil keterangan Sdr. Fatimah Tuhzahra yang diduga sebagai Pasiean Covid 19 yang di duga kabur dari RS. Pelamonia.

Fakta dilapangan, Fatimah Tuhzahra adalah  bukan pasien PDP yang dimaksud, Ia membenarkan bahwa kartu KIS itu adalah miliknya dan tidak pernah mengalami gejala sakit (panas/demam) dan pengakuannya Ia tidak pernah berobat ke RS. Pelamonia.

Dalam rilis tersebut, Dia menceritakan bahwa Kartu KIS miliknya pernah Ia pinjamkan ke temanya  bernama Nita (15 Thn) yang  beralamat di Jalan Nuri Baru Kota Makassar  sekitar satu tahun yang lalu  dan hingga saat ini kartu KIS miliknya belum pernah dikembalikan.

Juga pihak keluarga Fatimah Tuhzahra  telah melakukan klarifikasi terkait informasi yang sudah  beredar di media sosial bahwa dirinya masih sehat dan tidak benar berstatus pasien PDP Covid-19.

Tak lama kemudian Pukul 14.30 Wita, kartu KIS milik Fatimab Tuhzahra diantar Ojek Online (Gojek), tiba di Rumah Fatimah Tuhzara yang dikrimkan oleh temannya yang sempat menggunakan kartu KIS tersebut.

Nita yang yang sebelumnya  menggunakan kartu KIS milik Fatimah Tuhzahra sempat ditangani pihak RS Pelamonia.telah divonis oleh Dokter rumah sakit dengan hasil diagnosa  bahwa Nita mengalami gejala demam, batuk, nyeri tenggorokan dan sesak nafas.

Kemudian Pihak Rumah Sakit telah melakukan klarifikasi terkait Pasien PDP yang sempat kabur itu adalah bernama Nita (16 tahun) dan bukan Fatimah Tuhzahra pemilik kartu KIS. Yang sempat kabur setelah di isolir.diruanam khusus.
Selanjutnya pihak rumah sakit dibantu unsur Kecamatan, Kelurahan dan unsur Koramil.mendatangi rumah Nita yang sempat kabur agar  dilakukan langkah-langkah persuasif ke pihak keluarganya agar menyerahkan kembali pasien berstatus PDP  bernama Nita untuk dirawat kembli RS guna mengantisipasi penyebaran  Covid-19.

Akhirnya pihak RS Pelamonia dan bersama unsur pemerintah dari Kecamatan dan Kelurahan serta Koramil setemat berhasil menemukan yang bersangkutan.

Selanjutnya Pasien status PDP yang bernama lengkap Junita  Sri Handayani (15 tahun) yang sempat kabur, Senin  Pagi(05/04/2020) kemarin,  dengan memakai identitas lain dengan Nama: Fatimah Tuhzahra saat ini sudah kembali  di tangani pihak RS. Pelamonia untuk dilakukan penanganan di UGD dan selanjutnya untuk dirawat inap di ruang isolasi.
Menurut informasi dari salah seorang Dokter Jaga UGD RS. Pelamonia, Dr. Hadi  menjelaskan Keluhan:riwayat yang dialami pasien  adalah Demam sejak 3 hari yg lalu, namun pada saat sampai RS suhu badan sudah menurun,keluhan disertai batuk lendir dan Nyeri menelan, nyeri uluhati,riwayat sesak tadi subuh

Kemudian  tim dokter menjelaskan,  pasien sebelumnya punya riwayat kontak dengan keluarga dari Jakarta 3 hari sebelum mengalami demam dan hasil konsultasi tim dokter yang menangani bahwa saat ini pasien dirawat diruangan Aster.

(Imansyah Rukka)
[22.37, 7/4/2020] Mc: siap mas

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )