Pastikan Beras Bagus, DPRD Kota Blitar Sidak Gudang Pengadaan Rastrada

Pastikan Beras Bagus, DPRD Kota Blitar Sidak Gudang Pengadaan Rastrada

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Komisi II DPRD Kota Blitar menggelar inspeksi mendadak (sidak) program Beras Sejahtera Daerah (Rastrada) dengan mendatangi gudang beras yang berlokasi di Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, Selasa (02/06/2020) kemarin. Sidak ini guna memastikan proses pengadaan dan kualitas beras menjelang pendistribusian Rastrada ke masyarakat Kota Blitar.

Yohan Tri Waluyo, Ketua Komisi II DPRD Kota Blitar mengungkapkan hasil sidak menunjukkan perusahaan pemenang lelang pengadaan Rastrada tidak memiliki alat pengukur kadar air. Alat yang disediakan di gudang adalah barang sewa.

Sementara sesuai klasifikasi, perusahaan pemenang harus menyediakan alat penunjang seperti alat pengukur kadar air, mesin jahit, dan kendaraan roda empat. Pihaknya khawatir kondisi itu berpengaruh pada kualitas Rastrada yang diberikan ke masyarakat.

Yohan menegaskan, Komisi II sudah memanggil Dinas Sosial terkait temuan tersebut. Sesuai informasi dari Dinsos, rekanan mulai mendatangkan beras ke gudang pada 8-12 Juni 2020. Jumlah beras yang datang kurang lebih 443 ton. Beras akan didistribusikan ke 21 kelurahan di Kota Blitar pada 15-17 Juni 2020.

“Yang kami harapkan dari perusahaan pemenang ini bisa melaksanakan pengadaan rastrada ini dengan baik. Jangan sampai terjadi ada temuan beras yang kualitasnya jelek,” jelas Yohan.

Menanggapi hal itu, Priyo Istanto, Kepala Dinsos Kota Blitar mengatakan, alat pengukur kadar air beras, rekanan bisa menggunakan jasa analis yang berkompeten. Setiap saat rekanan bisa memanggil analis untuk mengukur kadar air beras. Menurutnya hal itu tidak akan berpengaruh terhadap kualitas beras yang akan dibagikan pada masyarakat.

Priyo memastikan, beras yang dibagikan memiliki kualitas yang bagus seperti tahun sebelumnya. “Kita berusaha semaksimal mungkin agar semua berjalan sesuai kebutuhan. Kita terima kasih ke dewan karena turut mengawal,” kata Priyo.

Untuk diketahui, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berhak atas rastrada di Kota Blitar ada 11.165 kepala keluarga. Tiap KPM dijatah 10 kg per bulan, namun beras dibagikan tiap empat bulan sekali sehingga dalam pembagiannya per KPM mendapat 40 kg. Diperkirakan pada minggu ketiga bulan Juni ini Rastrada Kota Blitar akan disalurkan ke KPM. (Meidian Dona Doni)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )