Pembangunan Jalan di Blitar Selatan Diprioritaskan Beton Bertulang

Pembangunan Jalan di Blitar Selatan Diprioritaskan Beton Bertulang

HARIANSIBER.COM|BLITAR- Jalan-jalan di wilayah Kabupaten Blitar bagian selatan yang rusak nantinya di tahun 2020 ini akan dibangun dengan beton bertulang. Dengan model beton bertulang ini nantinya diharapkan jalan tidak mudah rusak atau lebih tahan lama.

Diungkapkan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Blitar, Puguh Imam Susanto bahwa struktur tanah di wilayah selatan dikenal labil. Dengan konstruksi beton bertulang yang kuat ini diharapkan jalan tidak mudah retak akibat adanya pergerakan atau pergeseran tanah yang terjadi di wilayah selatan ini.

“Struktur tanah di wilayah selatan ini labil. Kalau pakai aspal hotmix biasa bisa cepat rusak,” ungkapnya.

Dia menerangkan di tahun 2019 lalu, pihaknya telah menerapkan konstruksi beton bertulang di sejumlah jalan di wilayah selatan. Dan nantinya di tahun 2020 nantinya akan memperbanyak untuk jenis beton bertulang.

“Nanti akan lebih banyak yang beton bertulang. Menang lebih mahal tapi lebih awet,” ujarnya.

Puguh menambahkan kalau dalam jalan beton bertulang ini nantinya tidak diberikan aspal hitam lagi diatasnya. Karena dengan penambahan aspal lagi nantinya membuat pemborosan. Agar jalan tidak licin jalan beton dibuat kasar dengan dibentuk pola garis-garis horizontal.

“Seperti di jalan tol kan ada garis-garisnya jadi ada cengkraman roda di sana. Idealnya memang tidak diberi aspal lagi diatas beton karena itu pemborosan,” pungkasnya.

(Doni)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )