Pemda Karawang Gagal Perangi Bank Emok

Pemda Karawang Gagal Perangi Bank Emok

Hariansiber.com| Karawang– Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang dianggap gagal dalam memerangi Bank Emok. Karena, saat ini masih banyak masyarakat karawang yang meminjam uang ke Bank Emok dengan resiko yang harus ditanggungnya, Selasa (10/03/20)

Disampaikan oleh Alek Sukardi Kepala Desa Karyamulya menyampaikan bahwa pemerintah Daerah (Pemda) Karawang dianggap gagal dalam memerangi Bank Emok karena saat ini banyak masyarakat Karawang yang terjerat Bank Emok dengan tagihannya tiap minggu dan tanggung renteng.

“Pemerintah gagal dalam memerangi Bank Emok, siapa bilang berhasil. orang seperti angin kok sepoi sepoi ya kalau lagi kencang ya kencang, sekarang aja lagi pelan gak ada yang nyebut nyebut” kata Alek saat di temui di kediamannya usai acara Minggon Keling Kecamatan Batujaya, Selasa (10/03/20)

Alek pun menyampaikan bahwa Bank Emok merupakan perusahaan yang benar benar nekat karena para nasabahnya bila meminjam, tidak menggunakan anggunan Namun Bank Emok cukup melampirkan foto copy KTP dan Kartu Keluarga.

“Perusahaan Bank Emok ini merupakan perusahaan yang benar benar nekad, bagai mana tidak karena nasabahnya bila meminjam uang cukup melampirkan foto copy Kartu keluarga dan KTP” jelasnya

Menurutnya ada solusi untuk meminimalisir peredaran Bank Emok dengan cara perusahaan Bank plat merah mempermudah peminjaman kepada masyarat tanpa menggunakan anggunan sehingga masyarakat akan memilih Bank pemerintah sebagai tempat meminjam modal usaha.

“kalau memang Pemerintah Daerah mau serius, ayo beri fasilitas kemudahan untuk Bank Bank plat merah. Bank Plat merah bagaimana caranya kalau dia mau bekerjasama kita mengadopsi sistem yang ada di Bali Buleleng.

Lanjutnya BUMDes di Buleleng yang maju bekerjasama dengan Bank plat merah melakukan usaha kredit kepada masyarakat, sedangkan pengawasan atau kontrol sosialnya bekerjasama dengan perangkat desa

jadi Bumdes BUMDes yang bagus itu dibemper oleh Bank bank pemerintah, mekanisme kreditnya dijalankan tapi pendekatan persuasifnya lewat kontrol sosial dalam hal ini perangkat desa dan lainya” Pungkasnya.

HS/Dmn

Red/Arf/Hariansiber

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )