PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN KONAWE TAK BAYARKAN HONOR KEPALA DESA DAN PERANGKATNYA SELAMA 18 BULAN

PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN KONAWE TAK BAYARKAN HONOR KEPALA DESA DAN PERANGKATNYA SELAMA 18 BULAN

Konawe, Hariansiber.com – Malang nian nasib kepala desa dan perangkatnya yang selama ini membantu pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan dengan harapan adanya honor, sekedar untuk membantu perekonomian mereka terlebih disaat pandemi seperti sekarang ini.

Tetapi apa yang terjadi kalau pemerintah daerah saja tidak peduli dengan hak hak para kepala desa dan perangkatnya “seolah kami dianggap hanya bekerja bakti tanpa perlu ada imbalan yang harus kami terima berarti kalau begini terus ini adalah pembodohan besar besaran”.

Pernyataan tersebut di ungkapkan beberapa perangkat desa yang sangat kecewa dan merasa tersolimi terhadap pemerintah daerah kabupaten konawe yang sampai hari ini sudah 18 bulan mereka tidak menerima honor.

Betapa tidak, pada tahun 2019 kepala desa dan perangkatnya hanya menerima 1 bulan honor, sedangkang di tahun 2020 sampai pada bulan juli, sama sekali belum ada yang dibayarkan adapun rinciannya adalah, tahun 2019 sebanyak 11 bulan dan tahun 2020 sebanyak 7 bulan jadi total keseluruhan adalah 18 bulan yang tidak dibayarkan.

Dan yang lebih ironisnya, saat mereka mempertanyakan honor mereka baik kepada instansi terkait, dalam hal ini Badan Pembardayaan Masyarakat Desa (DPMD) maupun pada stakeholder yang ada, namun jawaban mereka hanya membisu entah benar benar tidak tahu ataukah diam karena takut kepada penguasa.

Hal yang menjadi beban berat para kepala desa adalah menuntut hak hak mereka sebab menurut asumsi mereka sikap menuntut hak dengan tindakan yang kritis adalah peretakan loyalitas terhadap pimpinan, meskipun hal ini merupakan tanggung jawab pemerintah daerah, tetapi tetap saja mencedrai loyalitas mereka, terlebih dengan berlakunya PP nomor 11 tahun 2019 yang mengatur penghasilan tetap kepala desa dan prangkatnya dipastikan akan bertambah banyak beban pemerintah daerah.

Laporan : Andry William Firdaus, SE

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )