Pemkab Manggaarai Barat Salurkan BST Kabupaten 18 Milyar.

Pemkab Manggaarai Barat Salurkan BST Kabupaten 18 Milyar.

HARIASIBER.COM|Manggarai, NTT – Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat(Mabar) melakukan Launching Penyaluran Bantuan Sosial Tunai,bagi Masyarakat Miskin/Rentan Miskin,Mahasiswa,dan Pelaku Usaha Mikro,Kecil dan Menengah(UKKM) yang memiliki resiko sosial dampak Corona Disease Virus Covid 19,yang dilaksanakan di Desa Batu Cermin,Kec.Komdo,Manggarai Barat,Jumat (7/8/20)

Dalam penyaluran BST,Pemerintah Kabupaten Manggaarai Barat, Mengalokasikan dana sebesar : ± 18.384.300.000,-(Delapan belas milyar tiga ratus delapan puluh empat juta tiga ratus ribuh rupiah).

Penyaluran bantuan sosial tunai dari Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat melalui Dinas Sosial akan diberikan kepada 5.654 KK Miskin/Rentan Miskin, 2.225 Mahasiswa dan Pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM)sebanyak 629.

Pada tahap pertama BST akan disalurkan kepada 5.156 KK Miskin dengan jumlah uang sebesar : Rp. 6.187.200.000,- (enam milyar seratus delapan puluh tujuh dua ratus ribu rupiah),Mahasiswa1.361 sebesar : Rp. 816.600.000,- (delapan ratus enam belas juta enam ratus ribu rupiah) dan UMKM sebanyak 629 sebesar Rp. 1.132.200.000,- (satu milyar seratus tiga puluh dua juta dua ratus ribu rupiah).

Khusus untuk pelaku UMKM BST akan disalurkan sekaligus untuk 3 bulan dari Bulan Juli sampai dengan September.

Besaran bantuan Sosial Tunai Untuk KK miskin rentan miskin : Rp 600.000,-/KK/Bulan selama3 Bulan dari Juli sampai September,Mahasiswa: Rp 300.000,-/KK/Bulan selama 3 Bulan dari Juli sampai September, UMKM: Rp 600.000/Orang/Bulan selam 3 Bulan dari Juli sampai September.

Bantuan Sosial yang belum disalurkan pada tahap I masih dianggap layak untuk menerima BST,data sedang diverivikasi dan validasi ulang oleh Dinas Sosial KAB. MANGGRAI BARAT.

Penyaluran BST untuk KK Miskin/Rentan Miskin dan Pelaku UMKM akan disalurkan melalui BANK NTT sedangkan BST untuk Mahasiswa akan disalurkan melalui BANK BRI.

Bupati Manggarai Barat,DRS.Agustinus CH.Dula dalam sambutan singkatnya,menyampaikan kepada masyarakat penerima BST,untuk menggunakan bantuan yang diberikan sebaik mungkin.

“Saya meminta,agar bantuan yang diberikan ini dapat digunakan sebaik mungkin.Untuk kebutuhan yang Urgent saja”,jelas Gusti Dula.

Datang penuh ikhlas dengan hati yang senang,lanjut Gusti Dula sapaan akrab,orang nomor satu MABAR.Dari hasil perjuangan yang dilakulan dari tiap-tiap OPD,sehingga dana BST bisa disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Bupati juga menyampaikan dana yang diberikan ini prosesnya begitu lama,karena banyak pertimbangan yang dilakukan dalam pendataan agar dalam penyaluranya tepat dan akurat.

Wartawan : Alexandro

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )