Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar Tahun 2023 Masuk Pos BTT, Ini Harapan Ketua DPRD

2 min read

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Pemerintah Kabupaten Blitar bakal menganggarkan di pos Belanja Tidak Terduga (BTT) di tahun 2023 kurang lebih sebesar Rp 15 miliar. Diharapkan anggaran yang besar ini bisa digunakan untuk langkah cepat pencegahan bencana salah satunya munculnya kembali ledakan kasus Covid-19 yang masih mengancam.

Diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto, bahwa dalam rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bahwa biaya untuk penanganan virus ini masih dianggarkan tapi kedalam pos BTT. Ini dilakukan mengikuti tren temuan kasus yang masih fluktuatif jumlahnya.

“Memang agak meningkat lagi ya jumlah Covid-19. Sehingga dari anggaran BTT itulah dan anggaran kita di kesehatan yang di situ ada pelayanan rumah sakit, digunakan untuk menanggulangi Covid-19 jika muncul lagi di tahun 2023,” kata Suwito pada awak media di sela kegiatannya, Sabtu (26/11/2022).

Menurut Suwito anggaran BTT sebesar 15 miliar, tergolong cukup besar. Namun apabila masih dirasa kurang, masih bisa diberi tambahan di mekanisme APBD Perubahan.

“Kalau nanti dirasa kurang, dan memang dibutuhkan karena banyaknya kasus yang muncul nanti bisa ditambahkan di APBD Perubahan,” ujarnya.

Dari BTT dianggarkan besar tersebut, politisi PDI Perjuangan ini berharap, bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Blitar. Lantaran anggaran ini pun disetujui DPRD juga dengan tujuan yang baik, yaitu membantu masyarakat dengan cepat ketika ada bencana terjadi.

“Kita hanya bisa memprediksi dan antisipasi dari bencana baik itu bencana alam atau non alam seperti covid-19. Tapi begitu kejadian luar biasa dan tidak terduga terjadi, pemerintah harus ambil langkah cepat dengan menggunakan BTT ini untuk membantu rakyatnya, supaya kesusahan dirasakan tidak berlarut-larut,” tegasnya.

 

Penulis: MEIDIAN DONA DONI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *