Penanganan Covid-19, Pemkab Galus Siapkan Anggarkan 2,5 Milyar

Penanganan Covid-19, Pemkab Galus Siapkan Anggarkan 2,5 Milyar

HARIANSIBER | GAYO LUES – Guna menyikapi masa panik darurat penanganan dan pencegahan Virus Corona (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Gayo Lues (Pemkab Galus) telah menyiapkan Anggaran sebesar Rp 2,5 Milyar Rupiah.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Gayo Lues, Mukhtarudin, SE, MM, dalam konferensi pers di Media Centre Gugus Tugas Covid 19, bertempat di Gedung Bale Musara Blangkejeren, Senin (6/4/2020).

Mukhtar juga menyampaikan, dana tersebut sudah dicairkan. Namun, masalah teknis penggunaannya diserahkan sepenuhnya kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gayo Lues, selaku Instansi yang bertanggung jawab terhadap pertanggungjawaban masalah Keuangan Gugus Tugas Covid 19.

“Ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan terkait kebijakan pemerintah tentang tugas pokok dan fungsi serta kebijakan mengenai keuangan dalam penanganan Covid-19. Tetapi dalam hal keuangan, BPKD bertugas menyalurkan dana tersebut, yang bersumber dari pos Bantuan Tidak Terduga (BTT),” paparnya dan menambahkan untuk sementara waktu Daerah diberikan kewenangan untuk menggunakan anggaran yang belum ada batasannya.

Pun demikian sambungnya, penggunaan anggaran tentu disesuaikan dengan kebutuhan dalam penanganan wabah Covid 19 ini, “kita akan carikan solusi tentang sumber dan ketentuan pendanaannya serta persiapan anggaran yang akan dibutuhkan dalam penanganan Virus Corona ini,” jelas Mukhtarudin.

Dalam kesempatan itu, Tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Gayo Lues, juga membahas masalah struktur keterlibatan Dinas dan Instansi terkait yang disampaikan Kadis Kominfo, Said Idris Wintareza, yang didampingi Kepala BPBD Suhaidi, M.Si dan Kabag Hukum Setdakab, Ibrahim, SH, tentang bagaimana Penanganan Covid 19, dengan mengacu pada surat Edaran Menteri Dalam Negeri, dimana diadakan tindaklanjut di tingkat kabupaten untuk pembentukan tim sebagaimana yang diamanatkan.

Terkait hal itu, Kabag Hukum Setdakab Gayo Lues, Ibrahim, SH, mengatakan, tidak akan mengadopsi sepenuhnya hal tersebut, tetapi disesuaikan kembali dengan karakteristik daerah.

“Untuk Kabupaten Gayo Lues, kita akan segera melakukan rapat koordinasi untuk memberi pencerahan sebagaimana yang tertera dalam acuan ini, agar Tim bekerja secara maksimal, sesuai dengan tingkat keadaan saat ini. Sebelumnya pada masa panik Darurat Corona, kita tidak tahu apa yang dikerjakan, tetapi dengan keluarnya surat edaran ini, masing-masing pejabat yang ditunjuk sudah jelas wewenang dan tanggung jawabnya,” pungkas Kabag Hukum.

Ibrahim juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras Tim Gugus Tugas yang tergabung beberapa Instansi seperti, Satpol PP, TNI dan Polri, Tim Medis, BPBD dan juga dari kalangan Jurnalis. Begitu juga dengan tim lain, yang sudah bekerja keras untuk mengupayakan proses penanganan pencegahan Virus Covid 19 di Kabupaten Gayo Lues berakhir dengan cepat, sehingga aktivitas pemerintahanan dan masyarakat kembali normal seperti semula, tutupnya.

Liputan : Dosaino

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )