Pencemaran Lingkungan PT Greenfields, Akhirnya DPRD Kabupaten Blitar Beri Rekomendasi Ini

2 min read

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Selesai sudah kerja Pansus Greenfields DPRD Kabupaten Blitar, ditandai dengan penyampaian rekomendasi kepada pemerintah daerah yang disampaikan dalam rapat paripurna, Selasa (1/3/2022). Ada beberapa poin rekomendasi agar investasi berupa peternakan sapi PT Greenfields tidak lagi meresahkan masyarakat, terutama pencemaran lingkungan.

Hasil rekomendasi itu dibacakan juru bicara pansus Hari Margono disaksikan Wakil Ketua DPRD Abdul Munib, Susi Narulita, dan Mujib dan segenap anggota dewan. Serta Bupati Blitar Rini Syarifah mengikuti secara daring sedang yang hadir langsung di rapat Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso beserta jajaran kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Rekomendasi pertama adalah agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar membentuk tim investasi. Tim ini nantinya merumuskan formulasi desain tata kelola berwawasan lingkungan, yang akan mengatur kegiatan operasional investor yang ada.

“Pembentukan tim ini dapat menjadi media komunikasi yang aktif antara pemerintah provinsi dan Pemerintah Kabupaten Blitar dalam merumuskan kebijakan-kebijakan strategis dan penyelesaian permasalahan-permasalahan teknis dalam rangka mendorong optimalisasi investasi berwawasan lingkungan yang mensejahterakan rakyat,” jelas juru bicara Pansus.

Rekomendasi poin kedua, agar Pemkab Blitar membuat kajian berjudul hubungan keberadaan PT Greenfields terhadap kesejahteraan rakyat, lapangan kerja, dan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Blitar. Untuk mengetahui dampak dan manfaat PT Greenfields selama beroperasi di Kabupaten Blitar.

Ketiga, agar Pemkab Blitar mengajukan permohonan Kementerian Investasi, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi, untuk memediasi dengan PT Greenfields. Kaitannya segera menyelesaikan masalah pencemaran lingkungan segera teratasi.

Terakhir, meminta Pemkab Blitar untuk meningkatkan kelas jalan menuju lokasi peternakan PT Greenfields. Guna memperlancar lalu lintas distribusi dilakukan peternakan dengan puluhan ribu sapi ini.

“Pemkab Blitar mengusulkan kepada kementerian urusan bidang investasi, kementerian lingkungan hidup, dan kementerian bidang penanaman modal untuk menghentikan sementara operasional PT Greenfields sampai dengan dipenuhinya kesanggupan komitmen dalam memperbaiki terkait dengan permasalahan yang timbul dari pengelolaan limbah sesuai dengan batas waktu dalam ketentuan dan peraturan,” terangnya.

Sementara Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso mengatakan akan mengikuti rekomendasi itu. Salah satunya menghentikan sementara kegiatan PT Greenfields. Juga tidak memberikan izin pendirian peternakan baru PT Greenfields farm 3, sebelum permasalahan pencemaran di farm 2 terselesaikan.

Penyelesaian masalah ini akan melibatkan Pemerintah Pusat dan Provinsi mengingat adanya UU Cipta Kerja membuat Pemerintah Daerah Tingkat 2 dibatasi kewenangannya. “Rekomendasi Pansus ini menunjukkan kekompakan antara Pemkab dan DPRD, dalam menyikapi dan menyelesaikan permasalahan PT Greenfields,” kata Wabup Blitar.

Penulis : MEIDIAN DONA DONI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.