Penegakan Perda, Pol PP Batang Hari Tutup Indomaret Kelurahan Teratai

2 min read

Hariansiber.com|Batang Hari –Berawal dari laporan masyarakat RT 17 kelurahan teratai,satuan polisi pamong praja kabupaten Batang Hari bergerak menuju Indomaret kelurahan teratai kecamatan Muara Bulian kabupaten Batang Hari provinsi Jambi.

Laporan di ajukan karena pengelola Indomaret di RT 17 kelurahan teratai melanggar kesepakan dan perda nomor 14 tahun 2017 yang mana perda tersebut masih berlaku .

Kabid penegakan hukum satpol PP Batang Hari Ricki Kamis (30/06/2022) pukul 09..00 wib saat di konfirmasi membenarkan tentang penutupan Indomaret di RT 17 kelurahan teratai karena telah melanggar peraturan daerah kabupaten Batang Hari nomor 14 tahun 2017 .

Dari laporan masyarakat kami Satpol-PP Batang Hari langsung menuju lokasi yang di laporkan,kedatangan kami untuk segera menghentikan kegiatan yang di lakukan pihak Indomaret di wilayah kelurahan teratai di mana Indomaret telah mengangkangi perda kabupaten Batang Hari,dan juga untuk mendingiinkan suasana agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan ,kata Ricky.

Ricky juga menjelaskan jumlah anggota satpol PP Batang hari yang ikut mengamankan dan menindak lanjuti penegakan perda yaitu sebanyak 12 orang personil .

Dengan kedatangan Satpol-PP Batang Hari bidang penegakan perda ,semula Indomaret bersedia untuk ditutup akan tetapi pukul 11.00 wib setelah petugas pergi, toko swalayan berjaringan Indomaret kembali beroperasi melakukan transaksi jual beli ,mengetahui hal tersebut warga RT 17 kelurahan teratai kembali melaporkan kejadian tersebut ke satpol PP Batang Hari dan berakhir dengan pemanggilan resmi oleh kepala Satpol-PP Batang Hari untuk di lakukan mediasi bersama OPD terkait guna mempertanyakan tentang izin imdomaret .

Rapat di pimpin langsung oleh kasat Pol PP Batang Hari Adnan dan di hadiri oleh lurah teratai Saharudin,Kabid perdagangan perindag Edi Sabara ,kasi perizinan DPMPTSP Batang Hari Candra dan OPD terkait dengan perizinan.

Dari kesepakatan rapat yang di pimpin oleh Kasat Pol PP Batang Hari yang juga di hadiri oleh pihak pengelola Indomaret di RT 17 kelurahan teratai sepakat untuk menghentikan pengoperasian Indomaret sampai waktu yang belum di tentukan sebelum seluruh perizinan selesai .

Kasat Pol PP Batang Hari Adnan dalam wawancaranya Kamis (30/07/2022) pukul 16.30 wib menghimbau agar indomaret menghentikan kegiatan nya sesuai perda nomor 14 tahun 2017 yang berlaku dan kesepakatan yang telah di tanda tangani bersama OPD terkait dengan perizinan .kata Adnan .

Selain itu kami juga menghimbau agar masyarakat RT 17 kelurahan teratai untuk dapat menahan diri agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ,himbau Adnan kepala satuan polisi pamong praja kabupaten Batang Hari..

Menurut keterangan OPD yang hadir pada rapat mediasi di kantor satpol PP Batang Hari , Indomaret RT 17 kelurahan teratai belum sama sekali memiliki izin seperti izin usaha, IMB,dan izin lainnya

Selain itu Candra kasi perizinan DPMPTSP Batang Hari pada rapat di kantor Satpol-PP Batang Hari menyebutkan sebelumnya kami DPMPTSP Batang Hari juga sudah memberitahukan agar indomaret menghentikan kegiatannya sampai waktu yang belum di tentukan dan sepertinya ini rapat mediasi kedua kalinya , peraturan daerah kabupaten Batang Hari nomor 14 tahun 2017 yang di buat bukan perda kaleng -kaleng dan sampai saat ini masih berlaku ,ungkapnya.

Rapat mediasi antara warga RT 17 kelurahan teratai dan indomaret, OPD terkait dengan perizinan di akhiri dengan pembacaan hasil kesepakatan bersama oleh Kasat Pol PP Batang Hari.

(Aspin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.