Penerima Dana PIP Padati BRI Unit Gido

Penerima Dana PIP Padati BRI Unit Gido

HARIANSIBER.COM | Nias – Kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Gido di Kecamatan Gido Kabupaten Nias, dipadati ratusan orang tua siswa penerima dana Program Indonesia Pintar (PIP) di jalan Pancasila No 01 Nias Sumatera Utara, Kamis 13 Juni 2019.

Sebagaimana pantauan Media antrian orang tua siswa penerima dana PIP terlihat ramai sejak pagi hari. Bahkan, Yal (34), orang tua siswa mengaku sudah dua hari mengurus pencairan, bahkan ada beberapa orang tua siswa yang empat hari datang ke Bank BRI mengurus proses pencairannya.

“Petugas di bank bilang di cek dulu buku tabungan/rekeningya kalau sudah masuk uangnya  dan bukunya sementara ditinggal guna di cek dan diambil 2 hari kedepan, karena banyaknya yang antri menunggu proses pencairan yang sedang berlangsung,” kata Yal.

Pemandangan seperti ini kata Yal, perlu adanya keringanan dalam proses pencairan PIP, dimana banyak pengurusan, mulai dari mengecek kalau sudah masuk uang ke rekening tabungan siswa penerima ke Bank, setelah itu di jemput buku rekening dan baru mengambil surat keterangan aktif dari sekolah asal anak siswa, kembali lagi menyerahkan ke Bank kelengkapan yaitu berupa foto kopi KTP orang tua, surat keterangan aktif dari sekolah dan buku rekening, penanda tangan slip penarikan uang Bank dan menunggu antrian disebut nama satu persatu untuk pencairan, sehingga antrian berhari-hari.

Selanjutnya, ratusan orang tua siswa sudah antrian di depan kantor BRI itu mulai pagi hingga sore hari. Mereka itu pada umumnya berasal dari beberapa Kecamatan. “bank BRI Unit Gido paling dekat,  dalam proses pencairan dana bantuan PIP-nya,” kata Yal, salah seorang orang tua siswa yang tinggal di, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias.

Seterusnya mengaku datang bersama orang tua siswa yang lain mengurus pencairan dana PIP. “Ia pun tidak merasa lelah untuk mengantri di bank BRI dari pagi hingga siang hari, asalkan dana bantuan PIP untuk anaknya bisa segera dicairkan. Tidak apa-apa lama antri, yang penting cair, karena dananya kita sangat membutuhkan sekali untuk biaya keperluan sekolah,” ujarnya.

Senada disampaikan beberapa orang tua siswa penerima PIP lainnya. Mengaku tak ada pilihan selain ikut mengantri di Bank BRI Unit Gido bersama orang tua siswa. Walau antrian sudah bejam-jam sejak pagi hari hingga menjelang sore hari.

Beberapa orang tua siswa lainnya meminta pihak Bank BRI Unit Gido untuk segera menambah petugas layanan pencairan dana PIP agar tidak terjadi antrian panjang dan memudahkan kelengkapan berkas pada proses pencairan.

Hingga pukul 15.30, kamis 13 Juni 2019, antrian penerima dana PIP masih terlihat di bank BRI Unit Gido.

 

(Yalisokhi Laoli)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )