Persawahan Desa Napal Sisik Sawah Penunjang Pangan di Batang Hari

2 min read

Hariansiber.com|Batang Hari –Kegiatan alat berat di desa napal sisik yang di duga akan menalihpunsikan lahan persawahan menjadi lahan perkebunan ternyata belum ada pemberitahuan ke pemdes setempat .

Namun anehnya kegitan itu masih saja berlanjut di kawasan lahan persawahan desa napal sisik yang notabennya persawahan di desa napal sisik adalah salah satu persawahan yang menjadi penunjang lumbung padi di kabupaten Batang hari .

Kepala dinas tanaman pangan dan holtikultura kabupaten Batang Hari Mara Mulya pane SP Jum’at (20/05/2022) pukul 09.00 wib saat di konfirmasi membenarkan bahwa sawah di napal sisik adalah salah satu lahan persawahan di bawah binaan pemkab batang hari yang mana tujuannya sebagai penunjang untuk memenuhi kebutuhan pangan di kabupaten Batang Hari ,kata kadis .

Terlebih lagi ada pengalihpungsian lahan itu kembali ke dinas perkebunan dan pemerintah desa setempat ,kalau masalah perizinan itu di satu pintu.

Terkait dengan penghentian pengoperasian alat berat tersebut kita kembalikan ke timdu (Tim terpadu) kabupaten Batang Hari.
Dinas tanaman pangan dan holtikultura Batang hari hanya membina dan membantu masyarakat yang butuh bantuan bibit untuk bercocok tanam , namun kita berharap kepada masyarakat agar tetap di pertahankan menjadi lahan persawahan ,kata Mara Mulya pane .

Pengoperasian alat berat di lahan persawahan di desa napal sisik membuat resah bagi para petani di desa napal sisik yang mana alat berat tersebut mengerjakan bloking area di kawasan persawahan warga desa napal sisik tentunya akan besar dampaknya bagi lahan persawahan .

Kades napal sisik Dedi Rosadi juga menyayangkan dengan kegiatan bloking area yang mana pengoperasian alat berat itu tidak ada pemberitahuan ke pemerintah desa.

Menurut sumber informasi dari warga alat berat yang mengerjakan bloking area tersebut di duga milik perusahaan PT.Tara Mitra 2 yang progres nya lahan persawahan itu akan di jadikan lahan perkebunan .

Pengoperasian Alat berat sudah beroperasi lebih satu bulan di wilayah persawahan desa napal sisik yang notabennya persawahan desa napal sisik adalah salah satu
sawah penunjang untuk memenuhi pangan di kabupaten Batang hari.

(Aspin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.