Petani Di Buol Dapat Kemudahan Mengolah Lahan

Petani Di Buol Dapat Kemudahan Mengolah Lahan

HarianSiber.Com BUOL-Seluruh Petani di kabupaten Buol tahum depan dipastikan sudah memiliki Kartu Anggota tani untuk digunalan dalam melakukan transaksi pembelian pupuk,obat-obatan dan beni  bersubsidi pada setiap agen penyedia yang ditunjuk pemerintah ataupun dinas tehnis. “Kalau dikecamatan Bokat sekarang kami masih melakukan sosialisasi didesa-desa kepada setiap calon petani untuk di data. Ungkap Ronal A Bermawi selaku koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) kecamatan Bokat usai sosialisasi didesa poongan bersama kelompok tani pada kamis (17/9/20)

Dijelaskannya sesuai program pemerinta kabupaten (pemkab) untuk menggenjot hasil tanaman jagung dan padi sawah setiap petani diberi kemudahan dalam melakukan transaksi pembelian bahan bersubsidi dengan harga murah sesuai jenis yang dibutuhkan di lahan tidak sama dengan harga eceran dipasaran secara umum keuntungan kartu tani ini selain digunakan transaksi barang subsidi juga sebagai alat kontrol pada setiap kelompok, selain itu petani akan diberi asuransi jika mengalami gagal panen akibat bencana alam serta serangan hama tanaman.

Dia mengatakan dalam pengembangam dua komoditi unggulan dikabupaten buol ini petani diberi kemudahan dari. Pemkab melalui dinas tehnis dalam hal ini dinas pertanian akan bekerja sama dengan pihak perbankan selaku penyedia dana Kurs petani serta perusahaan daerah (Perusda) selaku bapak angkat. Sehingga semua petani tidak lagi kesulitan mengelolah lahan demikian pula dengan pemasaran produksi  dan kepastian harga, pemkab sudah menyiapkan suplayer selaku pembeli hasil setiap panen petani yang tidak lagi bergantung pada tengkulak. “Kita komitmen kedepan hasil penen petani mampu untuk mensejahtrakan keluarganya asalkan mengikuti petunjuk tehnis dari penyuluh.” Demjkiam Ronal
Sosialisasi yang dilaksanakan di Balai desa Poongan itu Dihadiri Camat Bokat Moch Kacfi Marzuni selaku Narasumber, Kades Poongan Jahidin Kades Tikopo serta pengurus Kelompok Tani di dua Desa dan penyulu pertanian.

Wartawan: Rustam

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )