Pjs Bupati Blitar Bersama Satpol PP Pantau Kepatuhan Masyarakat akan Prokes, Gelar Operasi Hingga Zona Hijau

Pjs Bupati Blitar Bersama Satpol PP Pantau Kepatuhan Masyarakat akan Prokes, Gelar Operasi Hingga Zona Hijau

HARIANSIBER.COM|BLITAR- Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Blitar Budi Santosa didampingi Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar Rustin Tri Setyo Budi memimpin operasi protokol kesehatan (Prokes) pada Rabu (18/11/2020). Operasi itu melibatkan tim gabungan terdisi Bkesbanpol, TNI, Polri, Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.

Pjs Bupati Budi Santoso mengatakan operasi diselenggarakan setiap hari. Hal itu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat. Sehingga Kabupaten Blitar segera masuk zona hijau terlebih Kabupaten Blitar akan menggelar Pilkada 9 Desember mendatang.

“Besok dan besoknya akan digelar operasi serupa supaya masyarakat semakin sadar dan terus patuh prokes. Kita evaluasi terus sampai menjadi zona kuning, lalu hijau dan bebas covid-19,” jelasnya.

Pjs Bupati selain operasi ini turut menggandeng sejumlah pigak dalam mengampanyekan gerakan 3 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak). Seperti menggandeng tokoh masyarakat, komunitas, dan sebagainya.

“Pendekatan melalui komunitas-komunitas ini akan lebih baik dan efektif. Karena masyarakat lebih percaya dengan orang terdekatnya komunitasnya dil lingkungan sosialnya,” ujarnya.

Advertisement

Sementara Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar Rustin Tri Setyo Budi mengatakan hasil operasi dari hari ke hari menunjukkan penurunan. Sehingga untuk mempertahankan itu pihaknya terus melakukan penertiban dan pendisiplinan dengan menggelar operasi di sejumlah titik.

“Alhamdulillah bisa dibanding awal-awal dulu yang terharing mencapai seratus lebih dikit. Sedangkan sekarang berkurang seperti hari ini ada sekitar 92 orang yang terjaring,” ungkapnya.

Target dari operasi ini adalah para pengguna jalan yang tidak memakai masker. Jika ditemui pengendara akan dihentikan dan diberikan sangsi berupa hukuman membaca Pancasila, menyanyi lagu Indonesia raya, dan push up 7 kali.

“Tidak ada denda hanya sangsi sosial kita terapkan seperti membaca Pancasila, menyanyi lagu Indonesia raya dan push up 7 kali. Semoga dengan ini masyarakat makin disiplin dan wabah corona segera hilang dari negeri ini,” harapnya.

(Meidian Dona Doni)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )