Presiden Jokowi Akan Diberikan Marga Suku Nias Saat Hadiri Sail Nias 2019

Presiden Jokowi Akan Diberikan Marga Suku Nias Saat Hadiri Sail Nias 2019

HarianSiber.Com|Nias – Puncak perhelatan kegiatan kepariwisataan bertaraf internasional di kepulauan Nias, Sail Nias 2019 akan digelar pada 13-14 September 2019 mendatang. Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara dan pemerintah daerah setempat sudah melakukan koordinasi terkait seluruh persiapan menyambut wisatawan, termasuk kedatangan Presiden RI, Joko Widodo (11/10/2019).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Wan Hidayati menjelaskan, pihaknya juga sudah menyiapkan even pendukung Sail Nias. 1.000 tenda yang sukses digelar di Danau Toba akan dibawa ke Nias.

“Jadi nanti di sana akan dijadwalkan ada 1000 tenda camping dari berbagai komunitas yang ikut memeriahkan kegiatan,” kata Hidayati.

Hidayati berharap pihak swasta ikut berperan untuk menyukseskan Sail Nias 2019. Pihaknya akan menyiapkan oleh-oleh dan souvenis khas Nias dan Sumatera Utara untuk para pengunjung.

Tagline Sail Nias 2019 “Nias Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia”, akan menghadirkan 18 rangkain kegiatan yang akan disuguhkan pada puncak pelaksanaanya di Pelabuhan Lama, Teluk Dalam-Nias Selatan.

Sekda Provinsi Sumut, Sabrina mengatakan, saat ini pihaknya terus memaksimalkan kerja organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk menjamin kelancaran acara itu. “Sekecil apapun kegiatannya, harus dicatat. Direkam. Semua bekerja,” sambungnya. Sabrina menjelaskan bahwa Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan hadir dalam agenda tahunan itu. Jokowi dikabarkan juga bakal ditabalkan gelar kebangsawanan oleh masyarakat Nias Selatan.

“Masyarakat Nias sudah mempersiapkan Gelar Kebangsawanan untuk Presiden RI, Jokowi,” ungkap Sabrina. Mengenai kunjungan Presiden, Sabrina mengaku telah dipersiapkan siapa saja OPD yang terlibat. Seluruh OPD menyampaikan semua kegiatan sebagai peran dan dukungan.

“Dinas Perhubungan harus segera melaporkan pada saya, pada rapat selanjutnya, bagaimana kesiapan seperti bus dan MCK (mandi, cuci, kakus) untuk pengunjung,” ujarnya. “Untuk MCK ini, Dinas Tarukim yang ambil peranan. Selain itu untuk Dinas Bina Marga saya mengharapkan kesiapan dalam memperbaiki jalan yang ada empat kabupaten di Nias,” jelasnya.

Sementara untuk rangkaian kegiatan pariwisata yang menjadi agenda khusus Pemda Nias Selatan adalah Wonderful Nias Expo 2019, Kejuaraan Surfing International WS QS 1500, Pagelaran Budaya dan Kesenian Kolosal dan Bakti Sosial Surya Baskara Jaya TNI AL.

Tafaogosokhi Laia

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )