Program “Jaksa Masuk Sekolah” Agar Siswa Mengerti Hukum dan Patuh Terhadap Hukum

2 min read

Hariansiber.com|Batang Hari –
Kepala Kejaksaan Negeri Batanghari SUGIH CARVALLO, SH MH, Kepala Seksi Intelijen AULIA RAHMAN, SH beserta Staff Intelijen Mengadakan Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah Rabu (23/03/2022) pukul 10.00 wib di SMA negeri 1 Batang Hari.

Kepala Kejaksaan Negeri Batanghari didampingi Kepala Seksi Intelijen menjelaskan bahwa Jaksa Masuk Sekolah (JMS) merupakan program Kejaksaan Agung RI dan Jajaran Korp Adyhaksa di seluruh wilayah Indonesia yang lahir berdasarkan Keputusan Jaksa Agung RI Nomor : 184/A/JA/11/2015 tanggal 18 Nopember 2015 tentang Kejaksaan RI mencanangkan program Jaksa Masuk Sekolah. Program ini merupakan upaya inovasi dan komitmen Kejaksaan RI dalam meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat secara umum dan pelajar secara khusus dimana para pelajar memang seharunya mendapat ilmu hukum sejak dini.

“Program ini bertujuan untuk mengenalkan produk hukum seperti undang-undang serta mengenal keakraban lembaga Kejaksaan dan tupoksinya di kalangan pelajar, di samping fungsi penegakan hukum kejari juga melakukan fungsi preventif yakni mencegah terjadinya kejahatan dengan melakukan penerangan hukum. Beberapa yang disampaikan dalam paparannya adalah potensi pelanggar terhadap Undang-Undang transaksi elektronik (ITE) Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Disamping itu Kajari Batang hari Sugih Carvalo SH, MH mengatakan peran pers dalam sekolah dapat menjadi pendukung penyampaian informasi yang positif terhadap sekolah ,sehingga anak-anak tidak merasa khawatir menjalankan aktivitasnya.

Kemudian terkait restoratif justice di sekolah akan kita kolaborasikan setelah kami membentuk program restoratif justice di tingkat desa tujuan kita untuk valet projek namun kelas restoratif justice bisa berkontribusi sebagai agen perubahan di desanya masing-masing dan akan kita bantu dengan pemberian penyuluhan hukum sebelumnya ,kata Kajari Batang hari .

Senada dengan yang dikatakan Kejari Batang Hari Sugih Carvalo SH,MH,kasi Intel Kejari Batang hari Aulia Rahman SH menghimbau anak-anak agar berhati hati dengan narkotika di mana jenis ini adalah musuh utama generasi muda yang harus kita waspadai.

Program jaksa masuk sekolah agar anak anak mengerti tentang hukum dan taat terhadap hukum ,tidak usah takut bertemu jaksa karena kantor jaksa adalah kantor kita bersama ,intinya pada program jaksa masuk sekolah ini adalah memberi pengetahuan teng hukum dan taat terhadap hukum .kata kasi Intel Kejari Batang hari.

Sementara kepala sekolah SMAN 1 Batang Hari dra.Rony Setyawati M.pd mengatakan dengan adanya program jaksa masuk sekolah di SMA negeri 1 Batang Hari bisa memberikan pengertian hukum di mana anak-anak didik kami ke depannya patuh dan taat kepada hukum dan tidak terjerat kasus hukum .

SMA negeri 1 Batang Hari sangat mengapresiasi dengan program Kejagung ini di mana sekolah dapat berkolaborasi dengan kejaksaan dalam memberikan materi pentingnya pengetahuan tentang hukum di lingkungan dunia pendidikan khususnya di SMA negeri 1 Batang Hari.

Kami pihak SMA negeri 1 Batang Hari mengucapkan terima kasih kepada kejagung dan Kejari Batang hari yang telah memberikan pengetahuan tentang hukum di sekolah kami ,kata Rony Setyawati.

(Aspin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.