Program OVOP, Bupati Blitar Apresiasi Produk Mebel hingga Pertanian Desa Margomulyo

2 min read

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Bupati Blitar Rini Syarifah melihat produk unggulan dari warga Desa Margomulyo, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Selasa (5/4/2022). Menjalankan program One Village One Product (OVOP) guna meningkatkan perekonomian bottom-up mulai dari desa-desa.

Di desa ini, bupati mengapresiasi keberadaan kampung mebel, di mana hampir seluruh warganya memproduksi kerajinan kayu untuk mebel. Menurutnya mebel meja, kursi dan lemari kerajinan hasilnya sudah halus dan bagus, sehingga perlu dukungan pemasaran lebih luas.

Serupa, kampung KB di Desa ini berjalan baik dengan ibu-ibu desa memproduksi makanan olahan seperti dendeng sapi, makanan ringan, dan krupuk kering yang sudah dikemas baik. Serta kerajinan kain berupa tas rajut dan tempat tissue.

Di bidang pertanian, Gapoktan Desa Margomulyo mempunyai produk bawang merah atau brambang yang kualitasnya diklaim lebih bagus dari produksi Kabupaten Nganjuk dan Probolinggo. Dengan teksturnya yang keras, warna lebih merah dan lebih tahan lama saat disimpan.

“Produk-produk disini bagus mulai pertanian, makanan olahan dan kerajinan tangannya. Beberapa hal perlu diperhatikan seperti pemilihan bahan agar lebih berkualitas sehingga penjualan semakin menggeliat,” kata Bupati Rini.

Pada saat itu, bupati membawa jajaran OPD untuk membantu masyarakat desa. Saat itu hadir Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Khusna Lindarti yang siap membantu pengembangan usaha kecil. Lalu ada Kepala Dinas PMD, Rully Wahyu untuk membantu pengembangan Bumdes. BRI dan Bank Jatim untuk membantu permodalan.

Juga hadir Kepala Disparbudpora Suhendro Winarso untuk membantu pengembangan wisata. Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Toha dalam pengembangan peternakan desa. Kepala DPMPTSP, Agus Santoso dalam membantu perizinan usaha warga. Kepala Diskominfo, Eko Susanto untuk membantu pemasaran produk warga secara digital. Hingga Kepala PUPR, Dicky Cobandono yang siap membantu keluhan infrastruktur dari warga desa.

“Harapannya dengan kedatangan kami hari ini membawa perubahan lebih baik bagi desa. Kami siap membantu utamanya UMKM karena mereka adalah sektor yang paling tangguh bertahan di masa pandemi sehingga warga harus didorong memiliki usaha walau kecil,” ujarnya.

Melalui program OVOP ini bupati berharap ekonomi dari desa bisa tumbuh. Membuka lapangan usaha pekerjaan baru, sehingga sesuai tujuan pemerintah untuk Maju Bersama Sejahtera Bersama.

“Bagi usaha baru jangan berkecil hati kami siap bantu pemasarannya bahkan saya sendiri yang bantu kenalkan saat keluar kota. Juga saya perintahkan agar ASN berbelanja dari produk UMKM yang ada di desa tempat bekerja masing-masing,” pungkasnya.

Bupati Rini melihat produk makanan dan pertanian desa Margomulyo Panggungrejo-Blitar

Penulis: MEIDIAN DONA DONI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.