Puluhan Masyarakat Ononamölö 1 lot, Ricuh Disaat Rapat RKPDes TA 2021

Puluhan Masyarakat Ononamölö 1 lot, Ricuh Disaat Rapat RKPDes TA 2021

HARIANSIBER.COM|Gunungsitoli – Di Lokasi Balai Desa Ononamolo I Lot Kecamatan Gunungsitoli Selatan Kota Gunungstoli, dilaksanakan rapat RKPDes TA 2021 desa Ononamolo I Lot, awal dan akhir rapat ricuh, akhirnya  masyarakat menolak keputusan Rapat musyawarah.Senin 25/01/2021

Rapat ini dilaksanakan, sehubungan dengan tahapan Rencana Kerja Pemerintah Daerah( RKPDes)TA.2021 dan surat Camat Gunungsitoli Selatan perihal pelaksanaan musrembang RKPD tingkat desa.Rapat RKPDes ini dipimpin langsung oleh Kepala desa Ononamolo I lot : Elianus Zai dan Ketua BPD, atas undangan BPD.

Puluhan masyarakat menolak dan ricuh pada rapat musyawarah desa tersebut alasan mereka, karena  tidak diundang. Masyarakat merasa tidak dihargai.

Dalam Ketentuan sebenarnya Aparat Pemerintah Desa sebenarnya dilarang melakukan tindakan diskriminatif terhadap warga dan atau golongan masyarakat tertentu.

Dan dilarang merugikan kepentingan umum membuat keputusan yang menguntungkan diri sendiri anggota keluarga pihak lain dan atau golongan tertentu, ucap AJ kepada awak Media.

Tambah AJ, kami keberatan atau menolak rapat RKPDes ini, karena ; Kades belum mempertanggung APBDes tahun 2019, dan APBDes 2020 masih banyak masalah, Seharusnya BPD mendesak kepala desa sesuai fungsinya mangawasi kinerja kepala desa terkait ADD/DD, apalagi ketua BPD mengatakan dalam Rapat tersebut Kepala Desa belum memberikan pertanggung jawaban APBDes tahun 2020, contohnya saja musyawarah RKPDes Tahun 2020 yang lalu, kades telah merubahnya menjadi pembangunan jalan yang diberhentikan pembangunannya oleh pemerintah kota Gunungsitoli dan sekarang sedang ditangani penegak hukum.

Lanjutnya, Rapat RKPBdes 2021 ini, Pendapat Akhir kami masyarakat menolak, meninggalkan Rapat serta tidak membubuhkan tanda tangan dalam daftar hadir, serta undangan  BPD Rapat RKPDes Tahun 2021 perihal undangan musyawarah desa tertanggal 25 Januari 2021 dengan nomor surat : 005/49/On-I/I/2021 kami menolaknya, ucap tegasnya.

Kami tidak percaya lagi kepada kepala desa Ononamolo I Lot atas nama Elianus Zai. Kami masyarakat menduga Kepala desa dan Ketua BPD sekongkol, apalagi kami Menduga Ketua BPD  menghina masyarakat, ucap EN dalam rapat.

Rapat RKPDes ini , pada akhirnya  bubar dan  ricuh karena kades merubah usul Musyawarah Desa dengan menambah poin 14 yang belum di usulkan masyarakat dalam mudes tadi yang bunyinya : lanjutan pembangunan jalan menuju pemukiman warga didusun III desa Lasara.

Anggota BPD inisial AW memprotes keras Rapat tersebut , karena  baru selang beberapa jam mengulangi kesalahan yaitu sikap yang sama,
Maka berita acara tidak di tanda tangani alias batal(SNW)

Penulis : HS-ARIUS MENDRÖFA

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )