Puluhan Yatim Piatu Korban Covid-19 di Kota Marmer Terima Beasiswa

Puluhan Yatim Piatu Korban Covid-19 di Kota Marmer Terima Beasiswa

Editor : Meidian Dona Doni

HARIANSIBER.COM | TULUNGAGUNG – Setidaknya 65 yatim-piatu yang orang tuanya meninggal dunia karena terpapar Covid-19 menerima bantuan beasiswa dari Pemkab Tulungagung. Tak hanya itu, mereka juga menerima bantuan pemenuhan bidang kesehatan, pelayanan administrasi kependudukan, pelayanan psikososial hingga infak berkelanjutan.

“65 anak itu berdasarkan data per 13 September, kemungkinan jumlah penerima masih bertambah,” kata Bupati Tulungagung Maryoto Birowo.

Maryoto mengatakan, bantuan ini merupakan wujud kepedulian Pemkab Tulungagung kepada anak dari orang tua yang meninggal karena Covid -19. “Mulai dari kesehatan, pelayanan adminduk, kemudian sampai infaq berkelanjutan akan kita bantu,” terangnya.

Maryoto melanjutkan, pemberian bantuan tersebut juga bekerja sama dengan sejumlah instansi.

Sementara itu Kepala Bappeda Tulungagung Maryani mengatakan, pihaknya melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah menyiapkan berbagai bantuan untuk yatim piatu ini.

Dirinya mencontohkan, untuk pelayanan kesehatan bagi yatim piatu, maka Dinas Kesehatan yang akan berperan. Kemudian untuk layanan Pendidikan, maka Dinas Pendidikan yang aka berperan, begitu juga dengan dinas-dinas lainnya.

“Ini memang kerja bersama, untuk pelayanan kesehatan ya nanti dinkes yang akan memberikan, untuk pelayanan adminduk nanti dari Capil,” ungkapnya.

Maryani melanjutkan, untuk anggaran yang disiapkan tergantung masing-masing OPD, namun pihaknya mengakui ada di kisaran ratusan juta rupiah.

“Untuk yatim piatu yang masih duduk di bangku SD, akan mendapatkan bantuan pendidikan sebesar Rp 210.000 per bulan, kemudian yang duduk di bangku SMP akan mendapatkan bantuan pendidikan sebesar Rp 270.000 per bulan. Sedangkan untuk yatim piatu yang duduk di bangku SMA akan mendapatkan Rp 300.000 per bulan hingga akhir tahun ini,” tukasnya.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )