Puncak Haul ke-50 Bung Karno, Pemkot Blitar Gelar Upacara Bendera Penghormatan

Puncak Haul ke-50 Bung Karno, Pemkot Blitar Gelar Upacara Bendera Penghormatan

HARIANSIBER.COM|BLITAR– Di hari peringatan Haul Bung Karno pada 21 Juni, Pemerintah Kota Blitar menggelar upacara bendera memberikan penghormatan pada Sang Pahlawan Proklamator. Dengan khidmad upacara digelar di pelataran Makam Bung Karno (MBK) pada Minggu (21/6/2020) pagi.

Upacara dipimpin langsung Walikota Blitar Santoso dengan peserta jajaran Forkopimda, Kepala OPD, camat dan lurah Kota Blitar. Upacara bendera ini menjadi puncak rangkaian kegiatan peringatan bulan Bung Karno.

“Rangkaian dimulai 1 Juni hari lahir Pancasila, lalu 6 Juni hari lahir Bung Karno, dan terakhir 21 Juni hari wafatnya Bung Karno. Pelaksanaan memang tidak semeriah tahun lalu karena saat ini harus physical distancing, namun tidak mengurangi kekhidmatan,” ungkap Walikota Santoso.

Meski tidak dirayakan meriah, Santoso mengungkapkan antusias masyarakat terhadap sosok Bung Karno masih tinggi. Terbukti pada malam haul kemarin, para generasi muda menggelar pentas seni dan tasyakuran dengan sukses meski harus tetap menjaga jarak.

“Kemarin dari mahasiswa GMNI dan KNPI dari luar daerah juga datang ke Kota Blitar sangat antusias mendoakan arwah Bung Karno. Dan Para pemuda siap menjaga api perjuangan beliau,” ujarnya.

Setelah upacara Walikota Santoso beserta jajaran melakukan tabur bunga di pusara Bung Karno. Lalu disusul berduyun-duyun masyarakat dari dalam dan luar Kota Blitar mengisi astana berebut paling dulu mendoakan presiden pertama Indonesia itu. Mengingat bertepatan di haul ini, MBK dibuka perdana setelah tutup hampir tiga bulan akibat pandemi Corona.

“Ya sudah kita buka kawasan wisata Bung Karno di new normal semoga bisa membuka simpul simpul ekonomi. Dan Indonesia kembali pulih dan semakin maju dengan semangat kegotongroyongan Bung Karno,” pungkas walikota yang peduli wong cilik. (Meidian Dona Doni)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )