Raih WTP, DPRD TBB Gelar Dua Paripurna

Raih WTP, DPRD TBB Gelar Dua Paripurna

HARIANSIBER.COM|Tulang Bawang Barat – DPRD Kabupaten Tulang Bawang Barat (TBB) menggelar rapat Paripurna Pembahasan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2018 dan Penyampaian KUA-PPAS APBD-Perubahan Tahun 2019.

Rapat Paripurna Dewan hari ini di gelar diruang Rapat Utama Kantor DPRD Kabupaten Tuba Barat, jalan Desa Panaragan Kecamatan Tulang bawang tengah Kabupaten setempat. Selasa (16/7/2019).

Hadir dalam Paripurna ini; Bupati Tuba Barat Umar Ahmad.SP, Wakil Bupati Tuba Barat Hi. Fauzi Hasan SE MM, Ketua DPRD Tuba Barat Busroni SH , Wakil ketua I, Yantoni dan II, Ponco Nugroho,ST, Forkorpimda Kabupaten setempat, Kepala SKPD , para Camat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat, Tamu Undangan serta 21 Anggota DPRD Kabupaten Tuba barat.

Dalam kesempatan ini, Bupati Tuba Barat Umar Ahmad.SP, menyampaikan Agenda Pembicaraan Tingkat II Pertanggungjawaban Raperda tentang atas Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018, dan Penyampaian KUA-PPAS Perubahan Tahun Anggaran 2019.

“Karena dalam beberapa hari ini jajaran Eksekutif dan Legislatif di Kabupaten ini telah melakukan Pembahasan secara Intensif atas raperda Tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2018 dan hari ini telah disepakat. untuk mengesahkan Raperda tersebut,” Papar Bupati Tuba Barat.

Sebelumnya, melalui Pertanggung jawaban Anggaran 2018, ini semakin memperkuat legitimasi Kabupaten Tuba barat Tahun Anggaran 2018, karena BPK sebelumnya telah memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah disahkan melalui Pelaksanaan Raperda APBD Tahun anggaran 2018 melalui laporan Keuangan yang telah memberikan pijakan hukum yang kokoh dan berkelanjutan, oleh karena itu kita ucapkan terima kasih kepada segenap jajaran DPRD Kabupaten Tuba barat yang telah melakukan pembahasan hingga disahkannya Raperda tersebut,” Ucap Bupati Umar Ahmad.

Sesuai dengan ketentuan Pemerintah Daerah bersama DPRD dapat melakukan Perubahan APBD apabila terjadi asumsi Kebijakan Umum Anggaran (KUA), dan Keadaan yang menyebabkan harus dilakukan Pergeseran Anggaran dan Keadaan yang menyebabkan saldo anggaran menjadi ditahun sebelumnya harus digunakan.

Seperti halnya yang terjadi pada pelaksanaan APBD dipertengahan Tahun Anggaran 2019 telah terjadi perubahan asumsi pada Kebijakan Umum APBD 2019 melalui ringkasan perubahan Pendapatan, Belanja, dan Pembiayaan Daerah Tahun Anggaran 2019:

Pendapatan Pendapatan Asli Daerah mengalami penambahan sebesar 384.612.000, menjadi 33.883.490.825.

Belanja Daerah, target Permbangunan tercapainya beberapa terutama pembangunan, infrastuktur.
maka saat ini kita berupaya untuk mempercepat penyelesaian program-program tersebut, tahun 2019 Belanja Daerah naik sebesar 0,58 persen sebesar 6.230.920.905 dengan total belanja secara keseluruhan pada Perubahan APBD tahun 2019 menjadi 1.079.990.512.441 rupiah,” Pungkas Bupati Tuba Barat.

(Rizki)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )