Rakor Perdana SPRI Singgung Soal Transparansi Penggunaan Dana Covid-19

Rakor Perdana SPRI Singgung Soal Transparansi Penggunaan Dana Covid-19

Editor : Anton

HARIANSIBER.COM|Lampung Utara – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) akan fokus terhadap transparansi keuangan Daerah khususnya yang menyangkut dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lampura. Hal ini menjadi topik bahasan utama didalam Rapat Koordinasi (Rakor) Perdana SPRI ditahun 2021.

Rakor yang dihadiri oleh Ketua, Sekretaris, Wakil Ketua, Bendahara dan Kepala Bidang beserta seluruh anggota ini mengambil tema” Maksimalisasi Tupoksi Jurnalis untuk Transparansi Pembangunan itu digelar dikediaman Ketua DPC SPRI Lampura, Kelurahan Tanjung Aman Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten setempat. Sabtu (16/1/2021).

Dalam kesempatan itu, Ketua SPRI Lampura Jauhari Saleh, SE menjelaskan, fungsi Pers sebagai kontrol sosial, maka dari itu harus lebih dimaksimalkan terutama didalam pengawasan kegiatan Pembangunan agar kegiatan tersebut bisa terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan maayarakat

“Maka dari itu saya tekankan kepada Wartawan yang tergabung didalam SPRI agar dapat hadir bersama masyarakat guna melakukan Pengawasan terhadap pembangunan yang ada di Kabupaten ini.” jelas Jauhari.

Oleh karena itu lanjut Jauhari, rapat Perdana kali ini selain kita membahas persoalan Internal namun kita juga ikut menyoroti terkait Transparansi Anggaran Daerah khususnya yang menyangkut penggunaan Anggaran APBD Kabupaten Lampura tahun 2021.

Karena Media yang tergabung didalam SPRI merupakan Mitra kerja Pemerintah Daerah sudah selayaknya menyajikan sebuah Informasi yang akurat dan berimbang khususnya didalam penggunaan Anggaran Keuangan Daerah.” ujar Jauhari.

Terlebih dimasa Pandemi Covid 19, sambung Jauhari, anggaran Penanganan Covid 19 yang besarannya mencapai 44 Milyar lebih namun Pengelolaannya dinilai masih belum transparan kepada publik.

Mengutip pernyataan Menteri Keuangan Republik Indonesia, bukankah kepercayaan publik sangat penting dalam situasi saat ini. Hal ini agar Negara mendapatkan dukungan dan kerjasama dari masyarakat, karena Penanganan Covid-19 erat hubungannya dengan dukungan dari masyarakat itu sendiri.

“Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan dana yang digunakan untuk Penanganan pandemi covid-19 dibuka secara Transparan.

“Karena berbicara soal keuangan memang harus jelas, jumlah yang digunakan, untuk siapa, untuk apa dan berapa dana yang terserap, jika memang ini sulit diketahui maka saya rekomendasikan seluruh anggota untuk menggali seluruh Informasi ini.” tegas Jauhari.

(Ar/Tn)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )