Repdem Nasional Kukuhkan Kepengurusan Blitar, Optimis Menangkan Pemilu 2024 dan Pemilihan Bupati

3 min read

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Kepengurusan Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Kabupaten Blitar telah resmi dikukuhkan pada Minggu (19/6/2022). Nantinya sayap dari partai PDI Perjuangan ini segera menggelar aksi kemasyarakatan guna mendulang simpati rakyat pada Pemilu 2024.

Pelantikan dan pengukuhan pengurus Kabupaten Blitar dihadiri Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPN) Repdem Wanto Sugito, Sekretaris Jenderal Repdem Abraham Leo Tanditasik, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Repdem Jawa Timur Mahfud Husairi dan juga sejumlah pengurus Repdem di tingkat pusat juga Kabupaten Kota di Jawa Timur lainnya. Menjadikan Blitar menjadi salah satu daerah paling banyak didatangi tokoh nasional saat pengukuhan kepengurusannya.

Ketua Umum Repdem Wanto Sugito pun memberikan pengarahan secara umum tentang arah pergerakan Repdem. Organisasi sayap ini harus menjadi penguat dari badan induknya PDI Perjuangan yang bergerak di bidang-bidang sektoral.

Wanto pun berpesan pada kepengurusan baru segera merapatkan rencana ide dan aksi secara nyata. Untuk dapat mengadvokasi atau membantu utamanya kaum kecil atau kaum marhaen yang ada di sektor-sektor rawan seperti sektor petani, buruh, kaum migran dan lainnya dari sektor pekerjaan.

Terpenting dari itu aksi Repdem dilandasi dedication of life dari Bung Karno. Apalagi Blitar sebagai Bumi Bung Karno, Ketua Umum Repdem mengharapkan dari Blitar ini Repdem menjadi sayap partai terkeren dalam menjalankan ajaran Bung Karno tentang nasionalisme dan kepeduliannya kepada wong cilik atau kaum marhaen.

“Harapan kita kepada DPC Repdem Kabupaten Blitar betul-betul konsisten menggarap kerja-kerja di luar kepartaian. Misalnya basis lintas profesi, serikat buruh, petani, nelayan atau pemuda di wilayah Blitar, harus betul-betul menjadi pusat pengorganisasian dari Repdem yang merupakan sayap Partai PDI Perjuangan,” harap Ketua Umum Repdem, Wanto Sugito kepada media usai melantik pengurus DPC Repdem Kabupaten Blitar.

Wanto mengatakan, Repdem yang nantinya bekerja di bidang sektoral, lalu partai bergerak secara teritorial akan ada efek kolaboratif yang bagus. Tujuannya menggapai kemenangan hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut di Pemilu 2024.

“Kalau Repdem memang betul-betul membantu kepartaian itu bekerja di luar lingkup apa yang telah dikerjakan oleh partai. Misalnya tadi saya sampaikan peduli serikat buruh, tani dan lainnya. Saya rasa kalau betul-betul kolaborasi sayap dengan partai target 2024 Hattrick tercapai dengan mudah,” jelas pria yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tangerang Selatan.

Usai kegiatan Rakercab Kabupaten Blitar, segenap pengurus Repdem Se-Jawa Timur nyekar bersama di Makam Bung Karno dipimpin langsung Wanto Sugito. “Karena pemikiran Bung Karno sebagai referensi, sumber pergerakan organisasi kita. Tidak ada pemikiran yang lain selain pemikiran Soekarno. Jadi kita ziarah mendoakan Bung Karno agar kita mendapat keberkahan sebelum memulai rangkaian kegiatan Pemilu 2024 untuk Hattrick tadi,” ujar Wanto Sugito.

Target DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar

Plt DPC PDIP Kabupaten Blitar Whisnu Sakti Buana.

Plt Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Whisnu Sakti Buana turut mengukuhkan kepengurusan Repdem Kabupaten Blitar. Sebagai sayap partai, ia menginginkan nantinya bisa berkolaborasi baik dengan struktural DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar.

Repdem harus berkomunikasi dengan struktur hingga bawah yakni tingkat Kecamatan atau Pimpinan Anak Cabang (PAC), Kelurahan (Ranting) hingga lingkungan (anak ranting). Untuk saling mengisi dengan bidang kerja berbeda namun tetap satu tujuan.

“Repdem ini bicara sektoral, kalau masalah petani, berarti petani di seluruh Kabupaten Blitar. Tapi petani ini rumahnya ada yang tinggal di Kecamatan Sutojayan, ada juga petani di Kecamatan Wates. Maka itulah perlu kolaborasi struktur partai di wilayah kecamatan itu untuk nantinya diproses Repdem yang fokus menangani masalah petani,” terangnya.

Whisnu yakin dengan kerja keras bersama antara struktur partai di PDI Perjuangan dengan sayapnya Repdem, bisa meningkatkan simpati masyarakat. Sebagaimana Whisnu selalu berpesan agar seluruh jajaran partai keluar dari zona nyaman semenjak dirinya memegang kepemimpinan partai di Kabupaten Blitar pasca kandang banteng ini kalah dalam pemilihan bupati 2020 lalu.

Ditargetkannya pemilu legislatif nanti Kabupaten Blitar meningkat dari 19 kursi dari 50 menjadi 25 kursi dari 50 kursi di DPRD. Serta merebut kembali kursi eksekutif Bupati dan Wakil Bupati diisi Kader PDI Perjuangan.

“Kalau kolaborasi yang dilakukan nanti 2024 kita berharap memang seluruh sektor seluruh teritorial semuanya terjemah oleh PDI Perjuangan. Targetnya 25 kursi dari penambahan 1 kursi tiap dapil, kalau itu tercapai otomatis merebut kembali kursi bupati bisa tercapai dengan optimis,” kata mantan Wali Kota Surabaya tersebut.

Dalam Rakercab ini Joko Santoso dikukuhkan sebagai Ketua DPC Repdem Kabupaten Blitar. Disampaikannya akan segera menyusun program kerja dan pembentukan komisariat-komisariat membidangi sektor-sektor yang sesuai kebutuhan di wilayah Kabupaten Blitar

“Repdem Kabupaten Blitar siap mendukung dan memajukan PDI Perjuangan Kabupaten Blitar untuk solid bergerak untuk kemenangan hattrick 2024,” kata Joko Santoso yang juga anggota DPRD Kabupaten Blitar ini.

 

Penulis: Meidian Dona Doni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.