Resah Didatangi Oknum Preman Saat Kerja, Pekerja Perkebunan Kruwuk Blitar Wadul ke Polisi

Resah Didatangi Oknum Preman Saat Kerja, Pekerja Perkebunan Kruwuk Blitar Wadul ke Polisi

HARIANSIBER.COM|BLITAR- Sebanyak 25 pekerja perkebunan Rotorejo Kruwuk Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar pada Jumat (17/1/2020) mendatangi Polres Blitar. Mereka mengadukan keresahan mereka yang sering didatangi oknum preman saat bercocok tanam.

Para pekerja saat itu juga didampingi oleh Muspika Kecamatan Gandusari. Disini para pekerja ditemui Satreskrim Polres Blitar dan Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto.

Kuasa Hukum PT Rotorejo Kruwuk, Edi Teguh Wibowo mengatakan audiensi ini dilatarbelakangi akibat karyawan yang merasa terganggu kedatangan sejumlah oknum preman. Para karyawan ditanyai terkait hak guna usaha (HGU) perkebunan yang bukan kewenangan karyawan.

“Karena mereka hanya bekerja saja untuk menghidupi kebutuhan hidup keluarga mereka, untuk masalah perijinan bukan ranah mereka,” kata Edi Wibowo.

Terkait HGU, dia menjelaskan, lahan perkebunan yang terletak di Desa Gadungan dan Desa Sumberagung, Kecamatan Gandusari adalah lahan yang Hak Guna Usahanya di miliki PT Rotorejo Kruwuk. Dan pada tahun 2008 PT Rotorejo Kruwuk telah mengajukan perpanjangan HGU dua tahun sebelum masa habisnya HGU.

“Hanya sampai saat ini belum keluar, tetapi bukan berarti lahan bisa di kuasai pihak lain yang tidak bertanggung jawab,” tegas pengacara yang akrab disapa pak Ete ini.

Sementara Kapolres Blitar, AKBP Budi Hermanto mengatakan telah menampung aduan dari para pekerja ini. Pihaknya akan membentuk tim guna menyelidiki kasus ini dan pengamanan bila ada gangguan lagi.

“Kami akan mengajak stake holder terkait untuk sama-sama menyelesaikan,” imbuh kapolres.

(HS – Doni)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )