Satpol PP Kabupaten Blitar Siap Fasilitasi Tambang Pasir Urus Perizinan

Satpol PP Kabupaten Blitar Siap Fasilitasi Tambang Pasir Urus Perizinan

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Blitar siap memberikan fasilitasi kepada tambang pasir ilegal dalam mengurus izinnya. Dengan demikian para penambang pasir tidak main kucing-kucingan lagi dengan aparat penegak hukum.

Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar Rustin Tri Setyo Budi mengatakan saat ini ada ratusan tambang pasir ilegal di Kabupaten Blitar. Dari jumlah ratusan itu hanya ada 2 penambang saja yang sudah mengurus izin.

“Di Kabupaten Blitar masih 2 yang resmi lainnya masih ilegal. Padahal mengurus izinnya mudah tinggal kemauan saja dari pada penambang,” ungkap Rustin, Senin (23/11/2020).

Rustin menerangkan masalah penambangan ini leading sektornya adalah pemerintah provinsi. Dengan demikian dalam perizinan harus mengurus izin ke kantor dinas perizinan provinsi Jawa Timur. Dengan demikian dalam penegakkan hukum, Satpol PP Kabupaten Blitar tidak bisa melakukan penindakan. Namun melakukan pengawasan dan diteruskan ke provinsi.

Maka itu, dia mendorong seluruh tambang pasir di Kabupaten Blitar bersedia mengurus izin. Dengan demikian tambang pasir akan memberikan kontribusi pemasukan pajak ke pemerintah. Sehingga terwujud timbal balik memberikan keuntungan ke pemerintah dan masyarakat.

“Selama ini tambang dikeluhkan merusak jalan sedang tidak ada pemasukan ke kas daerah. Kalau legal justru sebaliknya bisa meningkatkan pendapatan daerah,” paparnya.

Satpol PP Kabupaten Blitar siap memberikan fasilitasi memberikan tata cara mengurus perizinan tambang. Memberikan sejumlah persyaratan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan.

“Kebetulan bapak Pjs Bupati kita yang merupakan Kepala Satpol PP Provinsi Jawa Timur siap membantu mempermudah perizinan dan komitmen itu juga sudah diutarakan dengan rapat paripurna bersama DPRD. Dan inilah tugas kami siap jadi kepanjangan tangannya untuk membantu penambang Kabupaten Blitar melegalkan izinnya supaya kerja juga makin nyaman,” pungkasnya.

(Meidian Dona Doni)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )