Sebelum Buat Rekomendasi, Pansus Greenfields DPRD Kabupaten Blitar Hearing dengan Kepala Desa

2 min read

HARIANSIBER.COM|BLITAR – Panitia Khusus (Pansus) Greenfields DPRD Kabupaten Blitar menggelar rapat dengar pendapat (hearing) dengan kepala desa dan muspika wilayah terdampak, pada Selasa (22/2/2022). Guna mencari masukan dalam mempersiapkan rekomendasi yang diberikan pada Pemerintah Kabupaten Blitar.

Ketua Pansus Greenfields Endar Suparno dalam pengantar rapat ini mengatakan, pansus ini dibentuk untuk memfasilitasi masyarakat terdampak limbah dari peternakan sapi PT Greenfields Indonesia. Di mana dampak terasa di Kecamatan Wlingi, sebagian di Kecamatan Doko dan Gandusari, dimana lokasi peternakan itu sendiri di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi.

Masalah pencemaran yang sudah mencuat di khalayak publik, bahkan ada sejumlah warga desa terdampak mengajukan class action PT Greenfields. Dari aksi ini dan sejumlah pengaduan yang masuk, DPRD ingin masalah limbah ini segera teratasi serta keberadaan investasi di daerah juga bisa dirasakan dampak positifnya.

“Dugaan pencemaran beberapa waktu lalu cukup viral di ruang publik. Maka pemerintah kabupaten mengharuskan agar dugaan pencemaran segera teratasi. Diantaranya terhadap ekosistem kesehatan manusia, dan juga lingkungan pada tumbuhan dan hewan. Sehingga kalau seandainya masalah pencemaran tidak segera teratasi maka soal perbaikan ekonomi tenaga kerja dan hal positif lain-lain terkait keberadaan PT Greenfields tidak akan tercapai,” kata Ketua Pansus Endar Suparno.

Sementara Wakil Ketua Pansus Greenfields, Chandra Purnama, meminta keterangan Kepala Desa terkait apa yang dirasakan masyarakat. Juga keterangan terkait apakah pemerintah desa terdampak sudah melakukan teguran atau komunikasi dengan PT Greenfields.

“Kepala Desa atau lurah ini sebagai unsur terdekat dengan masyarakat. Intinya Pansus ingin mendapatkan masukan komprehensif berkenaan dengan Pansus dalam merekomendasikan persoalan PT Greenfields kedepannya,” ungkap Chandra Purnama.

Chandra mengungkapkan, dalam waktu dekat kurang lebih Minggu depan akan mengumumkan rekomendasi Pansus melalui Rapat Paripurna DPRD. Dimana sebelumnya Pansus juga sudah menggelar rapat diantaranya dengan dinas lingkungan hidup provinsi, hingga kunjungan kerja di lokasi.

Dan rapat dengan Kepala Desa kali ini menjadi salah satu rangkaian, sebelum Pansus DPRD mengumumkan rekomendasi.

“Kalau hari ini kita belum bisa buat kesimpulan. Kesimpulannya nanti dalam bentuk direkomendasi, yang kita sampaikan kalau tidak salah Rapat Paripurna minggu depan,” pungkasnya.

 

Penulis : MEIDIAN DONA DONI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.