Soal Anggaran Dinkes dan Randis Mangkrak, Ini Kata Sekretaris dan Kasubag Perencanaan

2 min read

HARIANSIBER.COM|Lampung Utara -.Banyaknya Kendaraan Dinas (Randis) milik Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara yang mangkrak menjadi sorotan publik, kemana anggaran perawatan randis selama ini??

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara, Ir.Hendrius menyampaikan, Dinas Kesehatan hanya bisa menganggarkan pemeliharaan dan perawatan standar saja.

Sembari menjelaskan, bahwa kendaraan yang mangkrak itu adalah kendaraan yang ditarik dari Puskesmas, ambulans dan rumah sakit Ryacudu Kotabumi yang memang sudah rusak dan tidak bisa beroperasional lagi,” beber Hendrius kepada hariansiber.com, Kamis (9/6/2022).

Menurut Hendrius, manajemen Pengelolaan Aset kita dengan manajemen swasta sangat berbeda, di manajemen aset tidak ada angka penyusutan seolah olah mobil tersebut dalam keadaan bagus terus dan nilai jualnya tinggi, sementara dimanajemen swasta apabila mobil tersebut kondisi rusak ada angka penyusutannya,” ucap Hendrius sembari membandingkan manajemen Pemerintahan dan swasta.

Disingung soal Randis yang mangkrak, Hendrius mengatakan, Dinas Kesehatan sebelumnya pernah mengajukan usulan penghapusan di tahun 2005 akan tetapi belum ada tindak lanjutnya seperti apa, sementara untuk tahun 2022 kita lagi pengusulan penghapusan ke Bidang Aset, dan ini telah kita bahas terus di Bidang Aset karena menjadi temuan dan catatan di KPK karena dihitung sebagai Harta.

Soal penghapusan itu sambung Hendrius, bukan wewenang Dinas, itu wewenang bidang Aset, karena menyangkut Aset Pemda harus melalui Keputusan DPRD namun sebelumnya harus melalui Konsultan Aficel terlebih dahulu. Sembari menerangkan ditahun 2021, kita Dinas Kesehatan 0 (Nol) tidak ada anggaran perawatan dan itu bisa dilihat lewat Aplikasi,” terangnya.

Sementara, Kasubag Perencanaan Dinas Kesehatan Lampung Utara, Jarwan menjelaskan, bahwa anggaran untuk pajak dan perawatan sebesar 135 juta rupiah, untuk pajak sebesar 56 juta, dan 25 juta untuk Randis yang ada di Dinas Kesehatan, sisanya untuk perawatan kendaraan Puskemas Keliling (Pusling). Sementara ditahun 2021 kita Dinas Kesehatan hanya menganggarkan sekitar 100 jutaan, untuk pajak dan perawatan namun hanya terserap 50 persen saja.

Sembari menjelaskan bahwa kendaraan yang ada di Dinas ini adalah Kendaraan tarikan dari Puskesmas dan ambulans yang yang ada di Puskesmas dan rumah Sakit, perlu diketahui kendaraan tersebut memang sudah tergolong mobil tua karena pengadaannya ditahun 2005.”jelasnya.

Namun ditanya soal berapa besar pajak Randis yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan pertahunnya, kembali Jarwan berdalih waduh saya kurang paham itu.” ungkapnya.

(Anton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.