Sosialisasi Kartu Tani UPTD Pertanian

Sosialisasi Kartu Tani UPTD Pertanian

HARIANSIBER.COM|Lampung Utara – Mewakili Danramil 412-04/Kotabumi Babinsa Serma Sulaiman hadi dan Sertu Supriyadi menghadiri kegiatan Sosialisasi Kartu Tani yang diselenggarakan oleh UPTD Pertanian Kotabumi selatan, kegiatan tersebut berlangsung dibalai pembibitan ikan kebon lima Kelurahan Tanjung Seneng Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara, senin (30/12/2019).

Hadir dalam kegiatan ini:
Kepala UPTD Pertanian Kotabumi Selatan, Mawardi SP, Babinsa, Serma Sulaiman hadi dan Sertu Supriyadi, Kelurahan Tanjung senang ibu Nita, Bank BNI, Fahmi selaku Penyedia Kartu, Distributor pupuk Ibu Febri, Perwakilan kios penyedia pupuk tiap Poktan, Suruh PPL Pertanian se-Kecamatan Kotabumi selatan, seluruh Kelompok Tani se-Kecamatan Kotabumi Selatan.

Dalam sambutannya, Ka Uptd Pertanian, Mawardi,SP menyampaikan,” kegiatan ini dalam rangka Sosialisa Kartu tani sebuah hal yang baru dan awal, yang akan dipergunakan oleh petani dengan tujuan untuk mengurangi Penyimpangan Penggunaan Subsidi,” ujarnya.

Sementara itu, Fahmi, pihak Bank BNI selaku Penyedia Kartu Tani menyampaikan bahwa Mou Bank BNI melalui Kementerian Pertanian (Kementan) bahwa Bank BNI sebagai Penyedia Kartu Tani.

Adapun manfaat Kartu tani ini adalah utk memanfaatkan subsidi agar tepat sasaran. Dengan demikian harga pupuk subsidi yang telah ditetapkan oleh Kementan RI. Dan melalui Kartu tani ini tidak dalam bentuk Uang tunai yang mana para petani yang telah mendapatkan Kartu tersebut diharuskan mengisi saldo Kartunya masing masing dengan saldo yang tidak kita tentukan (tanpa batas).

Bagi yang belum keluar Kartu taninya silahkan menghubungi PPL didesanya masing masing dan Pembuatan Kartu tidak di pungut biaya (gratis). Bagi Kelompok tani yang memang belum terdaftar silahkan buat RDKK dengan persyaratan maksimal 2 hektar lahan.

Mengenai Pupuk sebagaimna biasa bisa diambil atau dibeli melalui Disrtributor atau Kios yang telah ditunjuk. Dan untuk Kecamatan Kotabumi Selatan telah mengeluarkan Kartu tani sebanyak 5500 Kartu,” ungkapnya.

Sementara itu, Babinsa Kecamatan Kotabumi Selatan melalui Danramil, Lettu inf Jauhari, berpesan agar senantiasa menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa melalui rukun antar tetangga rumah, antar desa sehingga tercipta suasana yang Kondusif.

Dalam kesempatan ini, Babinsa menjabarkan secara rinci bahwa Kartu Tani ini berbeda skema dengan Kartu bantuan lainnya, dengan hadirnya Babinsa didalam pendampingan sebagai bentuk Sinergi Lintas Sektoral untuk hal teknis dan sangat teknis Babinsa senantiasa Kordinasi dengan PPL.Dan Kartu tani ini adalah hal baru dan memang baru dilaksanakan,” terang Danramil.

(Anton)

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )