Surunuddin Dangga Lantik 12 Kades

Surunuddin Dangga Lantik 12 Kades

HARIANSIBER.COM|KONSEL,-Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga kembali melantik Kades Terpilih hasil Pemilihan Serentak medio Desember 2019 lalu, Sabtu (1/2/2020).

Adapun Kades yang diambil sumpahnya hari ini, yakni 3 (tiga) dari Kec Laonti, 4 (empat) Desa dari Kec Moramo dan 5 (lima) Desa dari Kec Moramo Utara.

Turut mendampingi Wakil Bupati, H. Arsalim Arifin, Sekretaris Daerah Konsel, H. Sjarif Sajang, Ketua TP-PKK, Hj. Nurlin Surunuddin, Unsur Forkopimca, Camat setempat dan sejumlah Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Daerah Konsel.

Pengukuhan 12 Kades Baru tersebut di laksanakan di dua lokasi berbeda, untuk wilayah Kec Moramo dan Morut bertempat di Lapangan Sepak Bola Lalowaru, Morut, sedangkan Wilayah Kec Laonti di Lapangan Sepak Bola Desa Laonti.

Atas nama Pimpinan Daerah dan Pemda, Bupati dalam sambutannya dilokasi yang berbeda tersebut menyampaikan selamat kepada para Kades yang telah diambil sumpahnya pada hari ini, yang merupakan momen akhir dari seluruh proses pelaksanaan pilkades yang telah dilaksanakan. “Untuk itu mulai hari ini para kades kades terpilih merupakan unsur pemerintah terdepan untuk menegakkan Demokrasi, Pancasila dan UUD sesuai dengan sumpah yang telah diucapkan,” tuturnya.

Para kades terpilih agar melaksanakan silaturahmi kepada rival politiknya, sambungnya, untuk menepis perbedaan dan menghilangkan sekat-sekat, karena pelaksanaan pilkades merupakan bagian dari proses demokrasi. Termasuk menghidari sorotan-sorotan negatif dalam bekerja dengan selalu melaksanakan penatusahan keuangan desa yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku menuju Desa Maju Konsel Hebat.

“Dengan sinergitas dan sinkronisasi program yang ada di Desa dan di Kabupaten, tentunya Desa Maju mudah terwujudkan, yang didalamnya mencakup penurunan angka kemiskinan, pengentasan RTLH, peningkatan kualitas layanan Pendidikan dan Kesehatan di Desa masing-masing,” imbuhnya.

Dijelaskannya, bahwa untuk wilayah Kec Moramo dan Morut, Pemda telah melakukan peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan serta sarana publik lainnya, seperti yang terlihat pada ruas jalan penghubung lintas Kecamatan, antara Kec Konda ke Kec Moramo yang telah diaspal, juga bebas Banjir di Desa Lamokula Kec Morut yang setiap tahunnya menjadi langganan banjir.

Hal itu disampaikannya juga saat di Laonti, bahwa Pemda telah membuka dan meningkatkan Infrastruktur Jalan, yang diharapkan dapat memberi akses terhadap potensi SDA yang ada di Laonti, termasuk di bidang Kesehatan yang Tahun ini juga akan di bangun Puskesmas di Desa – Desa Terdepan.

“Akses Jalan untuk wilayah Laonti telah kita bangun, dari Lapuko ke Laonti, Kolono Timur ke Namu, Desa Malaringgi ke Desa Tue-Tue, juga bakal kita bangun Puskesmas, ini kita lakukan untuk membuka keterisolasian dan mendukung Laonti sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dibidang pariwisata,” beber Surunuddin.

Dibidang Pendidikan, tambahnya, kami telah bangun Gedung SKB, rehabilitasi RKB, Perpustakaan, dan menyediakan perumahan khusus Guru, yang hari ini kita resmikan penggunannya, termasuk penyediaan jaringan Telekomunikasi, yang saat ini telah selesai pembangunan towernya, dan dalam minggu ini akan dilakukan pemasangan alat transceiver.

Apa yang kita lakukan, tukasnya, merupakan bagian dari langkah-lamgkah Pemda dalam mempersiapkan Desa – Desa yang ada, untuk  menjadi Desa berkembang, yang selanjutnya menjadi Desa Maju. Dengan dukungan penuh seluruh elemen masyarakat.

“Jadi, mari kita kembangkan Desa masing-masing, sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab sesuai dengan sumpah yang telah di ucapkan, untuk kepentingan masyarakat, bukan karena kepentingan diri sendiri, keluarga dan golongan, namun demi memajukan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Berharap, pungkas Surunuddin, di akhir masa jabatan saya, Laonti telah keluar dari daerah tertinggal, yang di dukung dengan pembangun-pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemda sesuai RPJMD 2016 – 2021.

Adapun daftar nama Kades yang di lantik yakni, wilayah Kec Moramo, Suhartoyo (Amohola), Justo (Bakutaru), Jufri (Wawosunggu), Rahman (Moramo). Untuk Kec Morut, Juslan (Lombuea), Syamsiar (Lamokula), Sarwin (Puasana), Abidin (Sanggula), Marsilan (Mata Wawatu).

Sedangkan Kades wilayah Laonti, Ruslan (Sangi – Sangi), Suardin (Kondono), Amir (Ulusawa).

Laporan : Edison

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus ( )