Tanggul Sungai Bahbolon Desa Pakam Raya Retak” Berpotensi Runtuh dan Banjir

2 min read

Batu Bara-Sumut,hariansiber.com –Tanggul sungai bahbolon didusun Tapian Nauli desa Pakam raya,  Kecamatan Medang deras, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera utara retak dan hampir mengalami pecah ada sekitar panjang 20 an meter yang mengalami kerusakan.

Awak media sebelumnya mendapatkan informasi dari warga bahwa ada keretakan tanggul sungai bahbolon, jika tidak segera diperbaiki dan akan pecah maka wilayah sekitaran akan terdampak banjir.

Menindak lanjuti informasi dari warga, awak media konfirmasi kepada kepala desa pakam raya M.Zen, Kamis (15/09/2022) dikantor balai desa, Kades M.Zen membenarkan bahwa tanggul sungai bahbolon itu perlu menjadi perhatian khusus agar segera diperbaiki, jika terlalu lama dibiarkan bisa berakibat fatal dan tanggul sungai bisa pecah dan mengakibatkan banjir.

Banjirnya sungai ini bukan saja merendam wilayah sekitar tetapi bisa berdampak tiga desa, desa pakam raya, desa pakam dan desa Lalang.

Dan menurut Kades M. Zen, usulan untuk perbaikan tanggul sungai sudah dua kali dibuatkan surat proposal permohonan usulan perbaikan tanggul disampaikan ke Pemerintah Batubara cq
Dinas PUTR Batubara melalui camat medang deras.ujar M. Zen.

Untuk lebih jelas Kades M.zen bersama Babinsa Serda TNI AD Mahyudin dan kepala dusun Tapian Nauli Hengky Manurung mengajak awak media meninjau kelapangan tempat lokasi tanggul sungai bahbolon yang retak.

Dilokasi M.Zen mengatakan, lokasi  sungai tempat tanggul yang retak ini  posisi arus air melengkung atau tidak lurus sehingga mengakibatkan abrasi tanggul sungai.

Sebaiknya untuk perbaikan tanggul dengan memasang beronjong kawat menggunakan batu mangga, setelah itu tanggul ditimbun dan untuk menjaga kekuatan arus sungai menimbulkan abrasi, sungai ini sebaiknya juga di normalisasi agar diluruskan. Pungkas M. Zen.

M. Zen bersama Babinsa Serda TNI AD Mahyudin dan Kadus Hengky Manurung berharap supaya pemerintah dapat segera memperbaiki tanggul sungai yang rusak, jika dibiarkan berlarut bisa saja tanggul jebol apa lagi dikala hujan deras akan sangat rentan berpengaruh mempercepat runtuhnya tanggul, ujar M. Zen.

Kepala dinas PUTR Kabupaten Batubara Khairul Anwar melalui Sekretaris dinas Lendi dihubungi melalui WA mengatakan: bahwa tanggul sungai yang mengalami keretakan akan diperbaiki, diharapkan kepala desa pakam raya M.Zen untuk secepatnya bekerja sama dengan desa sebelah sungai atau desa pematang jering kecamatan sei suka, dimana tanah dibibir sungai yang didesa sebelah mengakibatkan sungai melengkung dan akan diluruskan untuk normalisasi.

Sebemarnya tanggul sungai bahbolon ini tanggung jawab dari dinas PUTR Provinsi, namun demikian pemerintah Batubara akan meminta izin ke dinas Provinsi untuk melakukan perbaikan tanggul dan normalisasi. Sebut lendi.

(Sp) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *